Peran VR untuk Metode Pelatihan Mesin Diesel

Peran VR untuk Metode Pelatihan Mesin Diesel

Peran VR untuk Metode Pelatihan Mesin Diesel

VR untuk Pelatihan Mesin Diesel – Industri mesin diesel adalah industri yang menghasilkan mesin pembakaran untuk sebuah mesin tertentu dapat bergerak. Mesin diesel bekerja dengan cara memanfaatkan prinsip kenaikan suhu pada campuran gas dan bahan bakar saat kompresi. Cara kerja daripada mesin diesel ini melibatkan 4 fase utama.

4 fase utama tersebut adalah fase hisap, fase kompresi, fase pembakaran, dan juga fase pembuangan. Adapun seorang jenius yang berada di balik canggihnya teknologi mesin diesel ini adalah Rudolf Christian Karl Diesel. Ia adalah seorang yang berkebangsaan Jerman.

Pada mulanya, teknologi ini lebih akrab digunakan pada industri kapal, baik itu kapal di permukaan dan juga untuk kapal selam. Namun, di tahun 1930, mesin diesel mulai banyak diterapkan pada industri kendaraan perorangan, terutama mobil hingga saat ini.

Maklum jika sekarang kita telah menemukan banyak model atau tipe dari mesin diesel ini. Semua itu terjadi berkat perkembangan tanpa henti. Dari banyaknya model atau tipe mesin diesel ini, terdapat 3 model yang sering digunakan untuk keperluan komersial. 3 model mesin diesel tersebut adalah;

  1. Direct Injection Diesel (DID)
  2. Indirect Injection Diesel (IID)
  3. Common Rail Direct Injection (CDRI)

Perkembangan tanpa henti dari mesin diesel jugalah yang mengantarkannya pada integrasi teknologi canggih bernama Virtual Reality. Ya, virtual reality atau yang biasa disingkat dengan VR, telah memberikan banyak kontribusi untuk perkembangan mesin diesel. Salah satunya terdapat pada poin pelatihan.

Nah, di dalam artikel ini, mimin akan menjelaskan secara lengkap mengenai peran VR untuk pelatihan mesin diesel.

Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.

Peran VR untuk Pelatihan Mesin Diesel

1. Pemberian Latihan Tanpa Batas Ruang dan Waktu

Peran VR yang pertama untuk pelatihan mesin diesel adalah mampu menjadikan prosesnya tidak terbatas akan ruang dan waktu. Perusahaan dapat menerapkan proses latihan yang ada dimanapun dan kapanpun. Jelas ini adalah opsi terbaik untuk perusahaan bisa menghadirkan sisi fleksibilitas pada karyawannya.

Ini perlahan akan memupuk rasa kepercayaan diri dan keterlibatan peserta pelatihan dalam usaha memahami materi yang diberikan. Terlebih lagi model materi yang diberikan akan jauh lebih imersif dengan berbagai teknik visualisasi data yang memungkinkan untuk dilakukan.

2. Kolaborasi dengan Tim Ahli

Peran VR yang kedua adalah memudahkan proses kolaborasi dengan tim ahli. Ya, perusahaan bisa melakukan penyegaran materi dengan memungkinkan peserta pelatihan untuk mengikuti kelas dari tim ahli.

Tentu saja tim ahli yang diharapkan dapat membantu proses pelatihan dapat datang dari perusahaan mana saja di seluruh negara. Semisal bertemu tim ahli diesel dari Honda, Jepang. Sensasi yang diberikan benar-benar seperti nyata.

3. Perusahaan Lebih Mudah Memahami Tren Industri

Selanjutnya adalah perusahaan yang jadi lebih mudah untuk memahami tren terbaru di dunia industri mesin diesel. Ya, VR memberikan kita kesempatan untuk bisa merasakan komunikasi tingkat lanjut.

Di mana informasi yang didapatkan benar-benar real-time dan sesuai dengan kondisi terkini. Ini adalah salah satu modal penting untuk perusahaan menuju kesuksesan, dan modal penting tersebut adalah keterbukaan akan segala informasi.

4. Program Magang dengan Simulasi VR

Berikutnya dalam peran VR untuk pelatihan mesin diesel adalah menjadikan program magang jadi lebih menarik. Bahkan program magang yang dicanangkan oleh perusahaan untuk mahasiswa atau siswa Sekolah Menengah Kejuruan akan jauh lebih menantang.

Di mana peserta magang bisa mengerjakan tugas magang yang diberikan, tanpa harus meninggalkan kamarnya. Ini tentunya akan mengurangi beban pikiran mereka dalam membayangkan dunia kerja yang begitu keras. Perasaan nyaman seperti inilah yang nantinya membantu mereka untuk mendapatkan mood yang bagus serta etos kerja yang konsisten.

5. Rekrutmen Jadi Lebih Baik

Terakhir, adalah VR yang menjadikan proses rekrutmen dari metode pelatihan jauh lebih baik. Perusahaan bisa meningkatkan persentase rekrutmennya lebih baik, jauh dari kata bad hiring.

Inilah penjelasan lengkap mengenai VR di bidang pelatihan mesin diesel.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat VR untuk Industri Tambang?

Apabila kamu berminat untuk melakukan kerjasama, hubungi nomor WhatsApp ini ya.

Dapatkan informasi keren tentang teknologi reality lainnya di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow @arutalaid. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.