Peran VR Training untuk Keselamatan Kerja

Peran VR Training untuk Keselamatan Kerja

Peran VR Training untuk Keselamatan Kerja

VR Training untuk Keselamatan KerjaVirtual reality adalah teknologi terbarukan yang konsepnya telah ditemukan dari penemuan sensorama dan head-mounted display.

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk masuk ke dalam dunia 3D simulasi sebagai avatar. Di dalamnya kita dapat melakukan apa saja tanpa perlu khawatir akan batasan ruang dan waktu.

Pada mulanya, teknologi ini banyak ditujukan untuk keperluan industri hiburan. Seperti film dan juga gaming. Tapi, seiring dengan perkembangan waktu, penerapan virtual reality untuk berbagai bidang industri sudah mulai marak kita jumpai.

Ya, penerapan sekarang virtual reality ini sudah banyak ditemukan pada berbagai industri penting. Dimulai dari pendidikan, konstruksi bangunan, manufaktur, otomotif, metaverse, retail, marketing dan lain-lain.

Tentu saja ada banyak model penerapan dari virtual reality ini di berbagai bidang industri penting tersebut. Salah satu yang paling sering diterapkan adalah VR training untuk meningkatkan keselamatan kerja.

Ya, model pelatihan ini biasanya ditujukan untuk industri konstruksi bangunan, manufaktur, otomotif, dan juga retail. Mudahnya ditujukan untuk industri yang memerlukan alat-alat berat.

Keselamatan kerja sendiri menjadi bagian penting yang harus bisa perusahaan jamin. Hal ini wajar mengingat keselamatan kerja adalah aspek yang telah pemerintah atur dalam undang-undang K3.

Undang-undang itu mencakup kesehatan, ketenagakerjaan, dan keselamatan, manajemen K3, asuransi, pemeriksaan medis rutin, pengawasan di lapangan dan lain-lain.

Secara khusus, K3 di dalam perusahaan bertujuan untuk;

  • Mencegah serta mengurangi kecelakaan kerja.
  • Mencegah adanya karyawan yang alami sakit akibat bekerja. Baik itu sakit yang berbentuk fisik maupun psikis.
  • Meningkatkan kesejahteraan, kesehatan dan perlindungan terhadap karyawan.
  • Karyawan dapat bekerja lebih optimal, aman, dan nyaman.
  • Prosedur K3 dapat membantu kita menyeleksi alat kerja yang aman dan masih layak digunakan.

VR Training untuk Keselamatan Kerja

Ada 4 cara yang bisa perusahaan lakukan demi bisa menjalankan K3 ini. 4 cara tersebut adalah;

  • Pemberian jam kerja yang sesuai, yakni 7 jam sehari (jika 6 hari kerja) atau 8 jam (jika 5 hari kerja).
  • Perusahaan memberikan peringatan dan juga APD untuk karyawan bekerja.
  • Melakukan perawatan alat kerja secara berkala.
  • Pemberian pelatihan kerja.

Untuk 3 poin teratas, mungkin tidak akan menjadi masalah yang berarti. Tetapi bagaimana dengan poin yang terakhir?. Faktanya di lapangan, pelatihan kerja yang diberikan, terutama untuk industri yang menggunakan alat berat, seringkali berakhir dengan kecelakaan kerja.

Ya, hal ini terjadi dikarenakan peserta pelatihan masih gugup jika harus mengoperasikan langsung alat berat seperti forklift, bulldozer, crane, traktor, excavator, dump truck dan lain-lain yang sejenis.

Lalu apa solusi terbaiknya?.

Seperti yang mimin jelaskan pada artikel sebelumnya, solusi terbaik untuk permasalahan ini adalah mulai menerapkan VR Training. VR Training mampu meningkatkan persentase keselamatan kerja ke arah yang lebih positif.

Baca Juga: Manfaat Pelatihan Karyawan dengan VR

Lantas bagaimana itu bisa terjadi?.

Solusi itu Bernama VR Training, Bagaimana Bisa Tingkatkan Persentase Keselamatan Kerja?

Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk melakukan apa saja di dunia simulasi 3D tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Virtual reality mampu memberikan kita perasaan nyaman dengan lingkungan yang dapat dipersonalisasi.

Stimulus seperti inilah yang nantinya dapat digunakan untuk proses pelatihan karyawan. Karyawan dapat mengoperasikan alat berat perusahaan yang ada, tanpa perlu khawatir akan kerusakan fisik kerana kesalahan yang dibuat. Ini akan menjadikan rasa gugup mereka berkurang.

Selain itu, VR training jadikan perusahaan tidak lagi harus pusing mencari area latihan yang pas. Dari ruangan kecil dan dari dalam rumah pun kita bisa mengendalikan bulldozer.

Tentu saja materi pelatihan yang diberikan akan jauh lebih menyenangkan dengan VR training ini.

Ahmad Zankie, CEO Arutala.

Inilah penjelasan lengkap tentang manfaat VR training untuk keselamatan kerja.

Apabila Sobat Arunews berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Virtual Reality Profesional, hubungi Arutala.id.

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual reality di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow ARUTALA. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.