5 Manfaat Serta Peran Besar Virtual Reality untuk WFH!

5 Manfaat Serta Peran Besar Virtual Reality untuk WFH!

5 Manfaat Serta Peran Besar Virtual Reality untuk WFH!

Virtual Reality untuk WFH – Status pandemi Covid-19 resmi dicabut di Indonesia pada 21 Juni 2023 lalu. Pencabutan status pandemi ini menandakan awal baru bagi warga Indonesia untuk kembali merasakan hidup normal.

Mereka dapat kembali bekerja seperti biasanya di kantor tanpa harus khawatir berlebihan terhadap protokol kesehatan. Baik itu menjaga jarak 1 meter ataupun harus mengenakan masker di mana-mana.

Tapi, tidak bisa dipungkiri juga bahwa pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak Februari 2020 lalu, memberikan kita banyak kebiasaan “baru”.

Dimulai dari mencuci tangan sebelum makan, membawa hand sanitizer, mengenakan masker, dan beberapa perusahan bahkan terbiasa untuk tetap menggunakan sistem kerja berbasis WFH (Work From Home).

Sistem WFH ini benar-benar menjadi primadona untuk setiap perusahaan di kala pandemi Covid-19 lalu. Beberapa perusahaan besar bahkan telah menetapkan sistem WFH ini secara permanen. Sebut saja perusahaan seperti Bibit, Blibli, Ajaib, Dropbox, Spotify, dan Upwork.

Tentunya ada banyak alasan mengapa perusahaan-perusahaan tersebut masih menggunakan sistem WFH. Satu di antara banyak alasan tersebut adalah sistem WFH yang mampu membantu perusahaan untuk menghemat lebih banyak pengeluaran terkait pemakaian dan pemeliharaan fasilitas kantor.

Sayangnya, untuk bisa menjalankan sistem WFH ini bukanlah tanpa tantangan. Tantangan terbesar menjalankan WFH ini adalah komunikasi dan kolaborasi yang seringkali terputus. Hal inilah yang bisa menyebabkan produktivitas perusahaan terganggu.

Belum lagi atasan tidak bisa melakukan monitoring kinerja secara real-time. Mereka tidak benar-benar tahu apakah karyawannya benar-benar bekerja atau malah asik rebahan.

Nah, salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan VR (Virtual Reality). Virtual Reality untuk sistem WFH sendiri memiliki banyak peran penting. 5 di antara banyak peran penting tersebut adalah;

5 Peran Penting Virtual Reality untuk Sistem WFH

1. Menjadikan Proses Meeting Jadi Lebih Interaktif

Peran virtual reality untuk sistem WFH yang pertama adalah mampu menjadikan proses meeting online jadi lebih interaktif. Seperti yang kita tahu, proses meeting online biasanya akan berlangsung monoton di mana peserta kebanyakan hanya akan menjawab “Ya,Ya,Ya” dan mematikan kameranya.

Hal inilah yang membuat narasumber menjadi bingung dengan audiensnya. Apakah mereka benar-benar mendengarkan atau tidak. Melalui VR, kita dapat merasakan pengalaman seolah-olah berada dalam 1 ruangan yang sama dengan rekan kerja yang lain.

Ini tentunya jadi alasan yang kuat untuk kita tetap bisa menampilkan cara berkomunikasi yang baik serta aktif satu sama lain.

2. Simulasi Ruang Kerja Virtual

Peran yang kedua adalah memudahkan kita untuk membuat simulasi ruang kerja mirip dengan kehidupan nyata. Bahkan ruang kerja ini dapat dimodifikasi atau didesain senyaman mungkin layaknya di villa ataupun hotel bintang 5 di dekat pantai.

Karyawan dapat bekerja dengan nyaman sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan

3. Pelatihan dan Onboarding Virtual

Perusahaan dapat menggunakan VR untuk sarana melatih karyawan baru secara online. Karyawan baru tersebut dapat terbantu memahami situasi lingkungan perusahaan dalam dunia virtual.

4. Bantu Perusahaan Adakan Konferensi Besar Lebih Mudah

Ya, melalui virtual reality perusahaan tak perlu lagi menyewa jasa event organizer atau gedung dengan kapasitas memadai untuk adakan konferensi.

Perusahaan dapat melakukannya melalui lingkungan virtual yang bahkan jauh lebih interaktif, dan pastinya jauh dari kata panas dan gerah karena harus berbagi ruang yang sama dengan peserta konferensi yang lain.

5. Kerja Kolaboratif di Dunia Virtual

Yang terakhir adalah mampu memudahkan perusahaan untuk melakukan kolaborasi antar tim atau divisi. Karyawan dapat bersama-sama merancang business plan yang benar-benar matang untuk kemajuan perusahaan tanpa disertai dengan perasaan tertekan.

Inilah penjelasan lengkap tentang peran virtual reality untuk sistem WFH.

Salah satu hikmah dari datangnya pandemi Covid-19 lalu adalah perusahaan yang mulai sadar akan pentingnya pembiasaan sistem kerja, WFH. WFH memberikan perusahaan banyak manfaat, salah satunya adalah bantu perusahaan menghemat lebih banyak pengeluaran terkait pemakaian dan pemeliharaan fasilitas kantor. Sayang, WFH ini bukanlah tanpa tantangan. Tantangan terbesar dari sistem kerja ini adalah kolaborasi yang kurang efektif dan juga monitoring kinerja yang lemah. Melalui virtual reality, kita dapat menguatkan kembali 2 poin penting produktivitas perusahaan itu

Ahmad Zankie, CEO Ahmad Zankie.

Apabila kamu berminat untuk mendapatkan mitra terbaik di dalam untuk pengembangan VR, hubungi saja Arutala.id.

Baca Juga: Apa Saja Peran Virtual Reality untuk Pelatihan Kerja Karyawan?

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow @arutalaid. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.