Masa Depan Virtual Reality untuk Pelatihan Kerja

Masa Depan Virtual Reality untuk Pelatihan Kerja

Masa Depan Virtual Reality untuk Pelatihan Kerja

Virtual Reality untuk Pelatihan KerjaVirtual reality adalah teknologi terbarukan yang memungkinkan penggunanya untuk dapat terhubung satu sama lain dalam dunia simulasi. Teknologi ini menghilangkan batas ruang dan waktu. Pengguna dapat melakukan interaksi satu sama lain layaknya di dunia nyata sebagai avatar.

Avatar tersebut bahkan dapat dimodifikasi agar memiliki penampilan sesuai dengan tampilan asli atau kehendak penggunanya. Virtual Reality atau VR sendiri bukanlah teknologi baru, melainkan hasil dari pengembangan teknologi lama milik Ivan Sutherland, yakni head-mounted display di tahun 1968.

Semenjak itulah proyek virtual reality terus berkembang, dan sekarang telah banyak digunakan dalam berbagai bidang industri. Dimulai dari industri pendidikan, hiburan, kesehatan, manufaktur, desain bangunan, pertanian, marketing dan lain-lain.

Salah satu peran penting VR dalam berbagai bidang industri tersebut adalah mampu memberikan pelatihan kerja yang revolusioner.

Hmm… penasaran seperti apa peran virtual reality ini untuk pelatihan kerja?. Simak baik-baik artikel ini ya!.

Mengapa Perlu Ada Virtual Reality untuk Pelatihan Kerja?

Jika kita coba bertanya tentang mengapa perlu ada virtual reality untuk pelatihan kerja, maka kita akan berbicara tentang peran VR. VR memiliki peran yang besar untuk menghadirkan lingkungan dan kondisi ruangan yang kondusif serta interaktif.

VR mampu membawa pengguna untuk merasakan pengalaman yang sangat realistis dengan dunia kerja sesungguhnya. Perasaan memiliki pengalaman nyata seperti inilah yang nantinya akan memudahkan proses transfer knowledge dari atasan ke bawahan atau senior ke junior.

Manfaat Utama VR dalam Pelatihan Kerja

Ada 5 manfaat utama penerapan VR ini dalam proses pelatihan kerja. 5 manfaat utama tersebut adalah;

  1. Meningkatkan keterlibatan peserta. Ya, melalui VR peserta pelatihan akan jauh lebih banyak terlibat dalam proses pembelajaran materi yang ada. Mereka akan jauh lebih senang mempelajari materi yang ada karena lebih interaktif daripada metode tradisional.
  2. Menghindarkan peserta pelatihan dari risiko fisik. VR dapat membantu perusahaan menciptakan situasi genting untuk melatih pengambilan keputusan karyawannya. Proses ini dapat dilakukan tanpa harus banyak memperhitungkan risiko fisik seperti cedera dan lain-lain.
  3. Peserta pelatihan mendapatkan pengalaman yang praktis dan juga realistis. Berkesinambungan dengan manfaat sebelumnya, VR mampu memberikan peserta pengalaman realistis seolah-olah dalam keadaan yang nyata.
  4. Metode pelatihan yang fleksibel. Ya, melalui VR, perusahaan dapat melakukan personalisasi pelatihan sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Proses pelatihan bahkan dapat disesuaikan pada setiap individu yang ada.
  5. Efisiensi Waktu dan Biaya. Ya, dengan VR peserta tidak lagi harus datang ke tempat pelatihan fisik. Mereka dapat mengikuti proses pelatihan yang ada hanya dari rumah. Mereka juga bisa menghemat banyak biaya untuk datang ke pelatihan on-site, begitu juga dengan perusahaan yang tak perlu repot-repot memberikan fasilitas pelatihan secara fisik.

Contoh Sukses Implementasi VR dalam Pelatihan Kerja

Contoh Perusahaan yang Menerapkan VR
Sumber: Businessinsider.com

Ada banyak perusahaan besar yang telah menggunakan VR ini dalam proses pelatihan kerjanya. 3 di antara banyak perusahaan besar tersebut adalah;

1. Walmart. Mereka menggunakan VR untuk dapat melatih pengambilan keputusan yang tepat dari karyawannya saat hadapi kebakaran.

2. Boeing. Boeing menggunakan VR untuk dapat melatih teknisi pesawat melakukan perawatan dan perbaikan mesin pesawat. Perusahaan ini menggunakan VR untuk dapat mengurangi faktor human error dalam penerbangan.

3. KFC. Ya, restoran cepat saji ini menggunakan VR untuk dapat melatih karyawannya mempersiapkan hidangan terbaik dalam waktu yang cepat dan tepat.

Tantangan yang Perlu Dipahami

Meskipun penerapan VR untuk proses pelatihan kerja dapat memberikan perusahaan banyak manfaat. Bukan berarti tidak akan ada masalah atau tantangan yang menghampiri. Setidaknya ada 3 tantangan yang bakal dihadapi oleh perusahaan, dan 3 tantangan itu adalah;

  1. Biaya awal.
  2. Kesesuaian teknologi.
  3. Keterbatasan sumber daya teknologi

Masa Depan VR untuk Pelatihan Kerja

Virtual reality diprediksi akan terus menjadi bagian penting dari industri masa depan. Penerapannya untuk proses pelatihan kerja akan terus berlanjut, dan bahkan akan merambat ke berbagai poin penting lainnya seperti;

  1. Konten VR yang semakin realistis dan interaktif.
  2. Dapat terintegrasi dengan sistem Artificial Intelligence.
  3. Aksesibilitas menjadi lebih mudah didapatkan.
  4. Akan banyak diterapkan dalam pendidikan formal

Inilah pembahasan lengkap tentang masa depan virtual reality untuk pelatihan kerja.

Salah satu kelebihan VR untuk pelatihan kerja adalah mampu memudahkan perusahaan melatih kemampuan pengambilan keputusan karyawan di saat genting, tanpa harus khawatir berlebihan terhadap risiko kecelakaan fisik.

Ahmad Zankie, CEO Arutala

Apabila kamu berminat untuk mendapatkan mitra terbaik di dalam untuk pengembangan VR, hubungi saja Arutala.id.

Baca Juga: Peran Virtual Reality untuk Politik Dunia

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow @arutalaid. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.