Undangan Pernikahan Ala Augmented Reality, Ciptakan Kesan Memorable Canggih!

Undangan Pernikahan Ala Augmented Reality, Ciptakan Kesan Memorable Canggih!

Undangan Pernikahan Ala Augmented Reality, Ciptakan Kesan Memorable Canggih!

Undangan Pernikahan Augmented Reality -. Pernikahan adalah momen bersejarah yang pastinya ditunggu-tunggu oleh setiap insan. Di momen bersejarah ini, kita pastinya ingin dapat mengabadikan setiap detiknya jadi penuh dengan kesan mendalam. Pernikahan yang diharapkan terjadi seumur hidup sekali ini, memang banyak mencuri perhatian kedua mempelai.

Jauh sebelum hari H, kedua mempelai biasanya sudah membicarakan segala pernak pernik pernikahan yang ada. Dimulai dekorasi ruangan pernikahan, susunan acara, tata rias pengantin, sesi foto, hidangan untuk tamu undangan, dan juga pastinya desain undangan itu sendiri.

Tren Undangan Digital

Seperti yang kita ketahui bersama, desain undangan yang lagi tren sekarang adalah desain undangan digital. Hal ini wajar dikarenakan biaya untuk desain undangan digital lebih murah ketimbang biaya untuk desain undangan konvensional pada umumnya.

Desain undangan digital juga banyak disukai dikarenakan mampu menawarkan kita banyak opsi konten dengan berbagai jenis elemen multimedia yang menarik. Yang tentunya dapat memberikan kesan canggih kepada penerima undangan.

Sayangnya, desain undangan pernikahan online seperti ini sedang marak diwaspadai. Ya, jawabannya adalah maraknya penipuan berkedok undangan pernikahan. Di mana pelaku cyber crime akan mengirimkan link berextensi .apk dengan nama seperti Surat Undangan Pernikahan Digital.

Modus Penipuan Via Undangan Pernikahan Digital
Sumber: um-surabaya.ac.id

Ini jelas menjadi masalah tersendiri, terlebih jika kita ingin mengirimkan undangan pernikahan digital tersebut kepada teman lama, yang barangkali tidak lagi menyimpan nomor WhatsApp kita.

Bisa-bisa nomor yang kita gunakan untuk mengirimkan undangan pernikahan digital yang bukan penipuan tersebut, malah dilaporkan dan juga diblokir. Lalu bagaimana solusi terbaiknya?.

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan. Pertama adalah dengan menambahkan kalimat pembuka sebelum mengirimkan link undangan pernikahan digital diberikan. Langsung memberikan link undangan pernikahan digital terlebih dahulu tanpa adanya basa-basi, jelas akan membuatnya begitu dicurigai.

Kedua, memerlukan sedikit effort tetapi hasil yang didapatkan sepadan untuk berikan kesan memorable. Ya, kita bisa menambahkan kepercayaan tamu undangan dengan mengirimkan undangan pernikahan ala augmented reality. Apa itu undangan pernikahan ala augmented reality?.

Undangan Pernikahan Ala Augmented Reality

Sumber: @AmbarSetyawan

Sesuai dengan namanya, undangan pernikahan ini didesain dengan menggunakan salah satu teknologi imersif yakni Augmented Reality. Sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk dapat menampilkan objek 3D ke dalam dunia nyata. Kamu mungkin sudah sering menemukan atau bahkan menggunakan teknologi saat mengakses fitur filter di berbagai media sosial, seperti TikTok dan Instagram.

Teknologi augmented reality atau yang biasa disingkat dengan AR sendiri pertama kali dikembangkan oleh Morton Heilig di tahun 60-an. Ia mengembangkan konsep AR ini dari penemuannya yang bernama sensorama.

Undangan pernikahan ala AR ini dibuat dari hasil kolaborasi Ambar Setyawan dan drg. Indah Ratna Pertiwi. Seperti yang dapat kamu lihat melalui video di atas, aplikasi AR dengan web based ini, mampu menampilkan objek 3D muncul dari dalam undangan.

Tentu saja objek 3D yang muncul dari dalam undangan ini dapat disesuaikan modelnya dengan keinginan pengguna.

Cara Kerja

Jika kamu masih ingat dengan karya Arutala yakni ARTDA 1.0 yang diperuntukan untuk anak pelajari tembang dolanan, maka prinsip kerja yang digunakan hampir sama.

Solusi yang diberikan ini, jelas patut kita berikan apresiasi. Ini adalah salah satu cara terbaik sekaligus elegan untuk kita bisa terhindar dari dampak cyber crime penipuan berkedok surat undangan pernikahan digital.

AR yang dilibatkan di dalam undangan pernikahan, tentunya akan memberikan kesan mendalam untuk kedua mempelai, terutama bagi tamu undangan yang mendapatkannya. Mereka yang terkesan, pastinya akan dengan senang hati untuk merawatnya.

Ya, kita misalkan saja seperti ini;

“Ayah, ini undangan pernikahannya sudah lama banget, aku buang ya?”, “Jangan nak, undangan pernikahan itu bisa menampilkan objek 3D keren”.

Inilah penjelasan lengkap tentang undangan pernikahan ala augmented reality.

Apabila kamu berminat untuk melakukan kerjasama, hubungi nomor WhatsApp ini ya.

Baca Juga: Pernikahan Unik Ala Metaverse

Dapatkan informasi keren tentang teknologi reality lainnya di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow @arutalaid. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.