Tips dan Trik Lancar Gunakan Quest 3 untuk Pemula!

Tips dan Trik Lancar Gunakan Quest 3 untuk Pemula!

Tips dan Trik Lancar Gunakan Quest 3 untuk Pemula!

Tips dan Trik Quest 3Virtual reality adalah teknologi terbarukan yang konsepnya berasal dari penemuan sensorama milik Morton Heilig dan head-mounted display milik Ivan Sutherland. Teknologi ini memungkinkan untuk kita dapat terhubung ke dalam dunia simulasi 3D sebagai avatar. Di dalam dunia simulasi 3D tersebut kita dapat melakukan apa saja tanpa perlu khawatir akan batasan ruang dan waktu.

Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan teknologi, virtual reality mulai mendapat tempat spesial di banyak industri penting kehidupan manusia. Dimulai dari industri pendidikan, kesehatan, manufaktur, konstruksi, arsitektur, sipil, hiburan, game, marketing, retail dan lain-lain.

Untuk dapat terhubung ke dalam dunia simulasi 3D melalui virtual reality, kita perlu beberapa peralatan tambahan. Seperti headset VR dan juga hand controller. Ada banyak peralatan headset VR dan hand controller yang bisa kita gunakan.

Tapi terdapat 1 brand headset VR yang pastinya sudah banyak dikenal penggemar VR akan kualitasnya yang elit. Headset VR tersebut adalah Oculus Quest. Headset VR yang dikembangkan langsung oleh perusahaan milik Mark Zuckerberg, Meta Platforms, Inc.

Terbaru, di tanggal 10 Oktober 2023 kemarin, Meta Platforms resmi merilis produk headset VR bernama Meta Quest 3. Produk terbaru ini sendiri biasa juga disingkat dengan nama Quest 3 saja.

Nah, di dalam artikel ini, mimin akan berbagi 5 tips dan trik dasar Quest 3. Penasaran apa saja tips dan triknya?, simak baik-baik artikel ini ya!.

5 Tips dan Trik Dasar Quest 3

1. Cara Screenshot dan Rekam Video

Tips dan trik pertama yang mesti kita pelajari pertama kali adalah belajar bagaimana cara mengambil screenshot dan rekam video.

Untuk mengambil screenshot di headset VR Meta Quest 3, cukup dengan menahan tombol di pengontrol kanan, lalu lepaskan trigger sekali.

Sedangkan untuk merekam video, kita cukup menahan menu Meta di kontrol bagian kanan, lepaskan secara perlahan dan tahan selama beberapa detik. VR akan memunculkan notifikasi berupa pemberitahuan bahwa proses rekam video sudah dimulai.

Lakukan cara yang sama untuk mengakhiri proses rekam video.

2. Cara Mengaktifkan Fitur Pencarian Suara

Tips dan trik Quest 3 kedua adalah belajar cara mengaktifkan fitur pencarian suara. Kita bisa mengaktifkannya dengan cara;

  • Membuka menu perpustakaan aplikasi di Pengaturan.
  • Ubah navigasi sistem menjadi Perintah Suara.
  • Aktifkan saklar perintah suara dan aktifkan juga saklar menu pintasan perintah suara.

Selain dengan cara di atas kita juga bisa mengaktifkan fitur pencarian suara ini dengan pengontrol di bagian kanan.Caranya adalah dengan;

  • Klik dua kali pada tombol Meta di pengontrol kanan.
  • Tunggu beberapa saat hingga isyarat audio keluar dan siap mendengarkan perintah.

3. Mensinkronkan Layar VR dengan Layar Smartphone

Tips yang ketiga adalah belajar bagaimana caranya mensinkronkan layar VR dengan layar smartphone. Kita bisa melakukannya dengan mudah melalui beberapa langkah yakni;

  • Buka menu kamera di headset VR.
  • Cari tangkapan layar atau video yang ingin kita sinkronkan.
  • Klik menu dari tiga titik pada file, lalu pilih Sinkronkan Sekarang.

Dalam beberapa detik, tangkapan layar headset VR kamu sudah akan selaras dengan layar smartphone yang ada. Usahakan untuk memastikan kondisi internet aman. 

4. Mengatur Kecepatan Proses dan Mengurangi Latency ke 120Hz

Berikutnya adalah belajar cara meningkatkan latency ke 120Hz. Secara default kecepatan refresh atau latency yang dimiliki Quest 3 adalah 90Hz. Mengubahnya menjadi 120Hz tentu akan meningkatkan kecepatan proses data yang ada.

  • Pilih menu Pengaturan di headset VR, lalu buka menu Sistem dan Tampilan.
  • Aktifkan opsi Refresh 120 Hz.

5. Cara Mengaktifkan Mode Baterai Hemat

Terakhir adalah dengan belajar mengaktifkan mode baterai hemat atau diperpanjang. Tentu saja ini penting untuk menambah durasi pemakaian VR lebih lama. Caranya adalah dengan;

  • Buka menu Pengaturan → Sistem → Daya
  • Aktifkan saklar ‘Mode Baterai Diperpanjang’.

Inilah penjelasan lengkap tentang 5 Tips dan Trik Dasar di Quest 3.

Apabila Sobat Arunews berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Virtual Reality Profesional, hubungi Arutala.id.

Baca Juga: 5 Game Metaverse Terbaik 2023, Kira-Kira Apa Saja Ya?

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual reality di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow ARUTALA. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.