Prediksi Virtual Reality Tahun 2024

Prediksi Virtual Reality Tahun 2024, Masihkah Dilirik?

Prediksi Virtual Reality Tahun 2024

Prediksi Virtual Reality 2024Virtual reality adalah teknologi terbarukan yang memungkinkan penggunanya untuk dapat saling melakukan interaksi satu sama lain dalam dunia 3D.

Pengguna dapat saling terhubung tanpa perlu khawatir akan batas ruang dan waktu. Kita dapat melakukan segala hal di dalamnya sebagai avatar.

Berkat kecanggihan yang dimiliki inilah, virtual reality menjadi salah satu teknologi yang akrab ditemui dalam revolusi industri 4.0. Bersamaan dengan 2 teknologi lainnya yakni Artificial Intelligence dan juga Internet of Things.

Sejak dikembangkan pertama kali dari konsep head-mounted display dari Ivan Sutherland tahun 1968, virtual reality memang telah banyak merubah wajah industri dunia. Hal ini wajar mengingat virtual reality atau VR yang memiliki banyak manfaat.

5 di antaranya adalah;

  1. VR yang mampu menekan biaya untuk pelatihan karyawan.
  2. Menjadikan proses pelatihan karyawan jadi lebih menyenangkan dan imersif.
  3. Mampu menghindarkan perusahaan dari bad hiring.
  4. Dapat melakukan kolaborasi yang baik dengan teknologi Ai dan juga IoT.
  5. Visualisasi data perusahaan yang lebih fleksibel dan mudah dimengerti.

Di dalam virtual reality sendiri terdapat 4 elemen penting yang harus ada, dan 4 elemen itu adalah;

  1. Virtual world: Konten yang menciptakan dunia virtual dalam bentuk screenplay.
  2. Immersion: Sensasi yang membawa pengguna seolah berada di lingkungan nyata. Immersion sendiri dibagi menjadi 3 bagian yakni, mental immersion, physical immersion dan mentally immersed.
  3. Sensory feedback: Mencakup elemen multimedia yang membawa informasi ke pengguna headset VR.
  4. Interactivity: Bagian dari VR yang berguna untuk merespon aksi yang diberikan oleh pengguna.

Teknologi ini telah banyak digunakan dalam berbagai bidang penting seperti industri pertanian dan peternakan, kesehatan, pendidikan, manufaktur, otomotif, hiburan & entertainment, marketing, retail dan logistik, dan lain-lain.

Perusahaan-perusahaan besar seperti Walmart, Uniqlo, Nike, IKEA, WatchBox, BMW, Apple, Microsoft dan Google telah menggunakannya.

Tapi, apakah penggunaan VR untuk bidang industri masih akan terus berlanjut hingga tahun depan?.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang prediksi virtual reality untuk tahun 2024 nanti!

Prediksi Virtual Reality untuk Tahun 2024

1. Proses Riset Masih Akan Terus Berlanjut

Kita tentu saja menyadari bahwa salah satu kekurangan daripada proses riset dan pengembangan produk VR adalah butuh biaya besar. Tapi, itu bisa saja perlahan teratasi dengan proses riset yang dilakukan secara terus menerus.

Perusahaan pastinya akan memiliki pertimbangan kuat mengenai bahan alternatif terbaik. Proses riset berkelanjutan inilah yang terus dilakukan oleh salah satu perusahaan VR terbesar di dunia, Meta.

Mereka bahkan berencana untuk merilis 4 headset VR baru di tahun 2024. Laporan dari reporter Roadtovr.com mengatakan bahwa Meta dalam laporannya akan merilis 4 headset VR baru.

Headset yang dikembangkan tersebut dapat digunakan untuk kegiatan mixed reality bercampur dengan AR. Reporter tersebut menyebutkan bahwa salah satu dari 4 headset VR tersebut berada dalam Project Cambria, dan tersedia di bulan September tahun ini.

Menurut laporannya, headset tersebut kemungkinan akan dibanderol dengan harga $800.

2. Masih Sangat Menguntungkan

Prediksi kedua adalah virtual reality yang masih akan sangat menguntungkan.

Laporan dari Market Research Future menyatakan bahwa Meta telah berhasil mendapatkan $5.2 miliar dari hasil penjualan perangkat kerasnya. Jumlah ini bahkan mendominasi pasar yang ada hingga 75%.

Menyambung 4 headset VR yang sebelumnya akan diluncurkan Meta tahun depan, 1 tambahannya adalah headset VR dengan nama Ventura.

Pesaing terdekat adalah Sony Playstation dengan 6.6 juta headset terjual. Meskipun hanya menguasai 5% pangsa pasar, tapi itu terbilang wajar headset VR dari Sony Playstation terbatas untuk gaming.

Meskipun tahun 2023 akan menjadi tahun penurunan pengiriman headset AR/VR, tapi IDC memperkirakan pasar akan pulih pada tahun 2024. Diperkirakan tumbuh sebesar 46,8% dari tahun ke tahun berkat perangkat keras baru dari Meta dan ByteDance, pengenalan Vision Pro dari Apple, dan kehadiran Apple yang semakin meningkat. 

3. Meta Masih Akan Terus Menguasai

Data Perusahaan Virtual Reality IDC
Sumber: Idc.com

Prediksi yang terakhir adalah Meta yang masih akan terus menjadi pemimpin pangsa pasar VR. Di tahun 2023 ini saja, Meta telah menguasai sekitar 50.2%. Hanya Sony (27,1%) dan ByteDance (9.6%) yang bisa bersaing dengannya di pangsa pasar 2Q23.

Inilah prediksi virtual reality untuk tahun 2024.

Virtual reality masih akan terus menjadi bagian penting dari revolusi industri 4.0. Meskipun perkembangannya tidak secepat Ai sekarang ini, tapi perlahan virtual reality juga akan mencapai tahap yang sama

CEO Arutala, Ahmad Zankie

Apabila Sobat Arunews berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Virtual Reality Profesional, hubungi Arutala.id.

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual reality di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow ARUTALA. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.