Perbedaan Virtual Reality dengan Metaverse, Jangan Sampai Salah Kaprah!

Perbedaan Virtual Reality dengan Metaverse, Jangan Sampai Salah Kaprah!

Perbedaan Virtual Reality dengan Metaverse, Jangan Sampai Salah Kaprah!

Perbedaan Virtual Reality dengan Metaverse – Apa yang pertama kali terbayangkan di dalam pikiranmu ketika ditanya tentang metaverse. Beberapa di antara kalian mungkin akan menjawab bahwa metaverse itu sama dengan virtual reality.

Anggapan ini wajar saja muncul dikarenakan memang definisi keduanya yang dapat memudahkan pengguna melakukan interaksi dalam dunia 3D.

Namun, tahukah kamu bahwa sejatinya virtual reality dan metaverse adalah 2 teknologi yang berbeda. Perbedaanya bahkan sudah terlihat jelas dari masa awal pengembangannya.

Di mana konsep virtual reality muncul setelah penemuan sensorama Morton Heilig di tahun 1950, dan head-mounted display oleh Ivan Sutherland di tahun 1966.

Sedangkan metaverse adalah teknologi yang konsepnya dimunculkan pertama kali dari novel Snow Crash milik Neil Stephenson di tahun 1992. Lantas, apa sih perbedaan antara teknologi virtual reality dan metaverse ini?.

Mimin akan menjelaskannya lengkap di dalam artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.

Definisi

Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk dapat saling melakukan interaksi di dalam dunia 3D secara langsung. Kita dapat melakukan interaksi apa saja di dalamnya melalui alat sensor gerak khusus. Di dalam dunia 3D tersebut pengguna bisa merasakan setiap objek yang muncul.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, virtual reality adalah teknologi yang muncul setelah penemuan sensorama dan head-mounted display. Namun, istilah virtual reality sendiri baru pertama kali populer di tahun 80an. Adalah Jaron Lanier, seorang computer scientist yang mempopulerkan istilah ini.

Virtual reality sendiri bekerja dengan memanipulasi serta mendorong otak manusia untuk merasakan dan berinteraksi dengan objek di dunia simulasi 3D. Tidak heran jika teknologi ini mampu memberikan pengalaman imersif, pengalaman yang mendekati realita di dunia nyata.

Lalu bagaimana dengan metaverse?. Pertama kali diperkenalkan oleh Neal Stephenson dari novelnya Snow Crash, metaverse menurutnya adalah bentuk lingkungan virtual yang dapat diakses semua orang untuk melakukan berbagai hal baru tanpa batas.

Istilah ini merujuk pada dunia virtual yang dapat dihuni oleh avatar dari karakter penggunanya. Setiap pengguna mampu melakukan interaksi apa saja dengan objek pada lingkungan virtual tersebut.Metaverse adalah kombinasi dari gabungan berbagai teknologi dan salah satunya adalah VR.

Perbedaan Virtual Reality dengan Metaverse

Jika dipahami sekilas dari definisinya, kita pasti akan beranggapan bahwa virtual reality dan metaverse adalah dua hal yang sama. Padahal tidak sama sekali.

Virtual reality hanyalah salah satu elemen fundamental yang ada pada metaverse. Ya, virtual reality berperan sebagai stimulus untuk otak kita dapat melihat dan merasakan objek 3D seolah-olah sama dengan objek yang ada di dunia nyata.

Gampangnya, virtual reality adalah alat atau metode yang memungkinkan kita untuk masuk ke dalam dunia metaverse. Sedangkan metaverse adalah keseluruhan dari lingkungan virtual itu sendiri.

Contohnya ketika kita ingin mengakses game di dunia metaverse bertemakan battleground survival, maka kita butuh VR sebagai penunjangnya. Melalui kombinasi keduanya, kita dapat merasakan bagaimana pengalaman bertahan hidup melawan musuh di medan perang.

Selain menggunakan VR, metaverse juga aktif menggunakan peran dari teknologi realitas lainnya, yakni Augmented Reality. Baik virtual reality dan augmented reality sama-sama berfungsi untuk memberikan gambaran virtual melalui penglihatan dan akan memungkinkan kita untuk berinteraksi secara langsung dengan berbagai objek di dunia virtual.

Inilah penjelasan lengkap tentang perbedaan virtual reality dengan metaverse. Semoga penjelasan ini gak bikin kita bingung lagi ya!

Apabila Sobat Arunews berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Virtual Reality Profesional, hubungi Arutala.id.

Baca Juga: Apa itu Mall Virtual?

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual reality di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow ARUTALA. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.