Peran VR untuk Keselamatan Kerja di Industri Konstruksi

Peran VR untuk Keselamatan Kerja di Industri Konstruksi

Peran VR untuk Keselamatan Kerja di Industri Konstruksi

Peran VR untuk Keselamatan Kerja – Siapa yang tidak tahu dengan teknologi virtual reality?. Virtual reality atau yang biasa disingkat VR adalah teknologi yang berawal dari penemuan sensorama Morton Heilig dan juga head-mounted display milik Ivan Sutherland.

Kedua teknologi tersebut menjadi alasan kuat mengapa konsep virtual reality dapat berkembang pesat seperti sekarang ini. Ya, untuk sekarang kita dapat memahami bahwa virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berinteraksi satu sama lain dalam dunia simulasi 3D.

Baca Juga: Perbedaan Virtual Reality dengan Metaverse

Di dalam dunia simulasi 3D tersebut kita dapat melakukan apa saja tanpa perlu khawatir batasan ruang dan waktu. Virtual reality mampu memberikan kita pengalaman yang imersif.

Tidak heran jika teknologi ini telah banyak diterapkan pada berbagai bidang industri penting kehidupan manusia. Salah satunya adalah bidang industri konstruksi, terutama dalam upaya peningkatan keselamatan kerja.

Apa itu Keselamatan Kerja Konstruksi?

Keselamatan kerja konstruksi atau construction safety adalah protokol keselamatan yang berkaitan dengan industri atau lokasi konstruksi. Tujuan dari protokol ini adalah jelas untuk menjamin industri atau lokasi konstruksi tidak menimbulkan ancaman langsung bagi pekerja maupun masyarakat di sekitarnya.

Protokol ini mampu menjadikan lingkungan kerja di area konstruksi menjadi lebih aman. Pelaksanaanya wajib dilakukan oleh setiap individu yang bekerja di dalam perusahaan konstruksi dan juga unit khusus keselamatan.

Perlu diketahui juga bahwa pekerja konstruksi termasuk ke dalam jenis pekerjaan berbahaya. Menurut Bureau of Labor Statistics (BLS) profesi ini adalah pekerjaan paling berbahaya keempat dengan cedera paling fatal kedua.

Setelah mengetahui fakta pekerja konstruksi adalah salah satu pekerjaan dengan resiko kecelakaan fatal yang tinggi. Maka wajib bagi perusahaan untuk memastikan sistem dan area kerja yang aman.

Peran Virtual Reality untuk Keselamatan Kerja Konstruksi

Salah satu cara terbaik perusahaan untuk melaksanakannya adalah melakukan prosedur pelatihan K3.

K3 sendiri adalah singkatan dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Ya, hal ini wajar mengingat K3 mencakup undang-undang kesehatan, ketenagakerjaan, dan keselamatan, manajemen K3, asuransi, pemeriksaan medis rutin, pengawasan di lapangan dan lain-lain.

K3 di dalam perusahaan bertujuan untuk;

  • Mencegah serta mengurangi kecelakaan kerja.
  • Mencegah adanya karyawan yang alami sakit akibat bekerja. Baik itu sakit fisik maupun psikis.
  • Meningkatkan kesejahteraan, kesehatan dan perlindungan terhadap karyawan.
  • Karyawan dapat bekerja lebih optimal, aman, dan nyaman.
  • Membantu kita menyeleksi alat kerja yang aman dan masih layak digunakan.

Sayangnya, pelatihan K3 konvensional tidak lantas menjamin keamanan pekerja. Terutama untuk pekerja pemula, di mana justru kecelakaan kerja sering terjadi saat proses latihan berlangsung.

Kecelakaan kerja bisa terjadi saat proses pelatihan berlangsung terlebih untuk pelatihan penggunaan alat berat seperti operasi forklift, bulldozer, crane, traktor, excavator, dump truck dan lain-lain yang sejenis.

Dan di sinilah peran virtual reality muncul. Melalui virtual reality, perusahaan dapat menciptakan lingkungan virtual yang memudahkan perusahaan untuk melatih karyawannya. Karyawan dapat dengan nyaman menjalankan instruksi pelatihan yang diberikan tanpa perlu khawatir kerusakan fisik di lingkungan nyata.

Mereka akan jauh lebih nyaman dari sebelumnya. Rasa nyaman dan aman inilah yang nantinya akan menstimulasi mereka untuk melakukan pengambilan keputusan yang jauh lebih matang.

Materi yang diberikan oleh konseptor pun akan lebih mudah dimengerti. Selain itu perusahaan juga tidak perlu pusing memikirkan area khusus untuk peserta dapat melakukan proses pelatihan.

VR memungkinkan pelatihan K3 ini dapat dilakukan di mana-mana, bahkan di dalam ruangan sempit sekalipun.

Inilah penjelasan lengkap tentang peran VR untuk keselamatan kerja.

Apabila Sobat Arunews berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Virtual Reality Profesional, hubungi Arutala.id.

Baca Juga: Peran VR untuk K3 Perusahaan

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual reality di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow ARUTALA. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.