Augmented Reality dan Peran Pentingnya dalam Pariwisata

Augmented Reality dan Peran Pentingnya dalam Pariwisata

Augmented Reality dan Peran Pentingnya dalam Pariwisata

Peran Augmented Reality dalam Pariwisata – Salah satu bentuk healing yang paling banyak orang-orang lakukan adalah dengan berwisata. Wisata bisa dilakukan ke tempat-tempat yang bersejarah, seru dan menyenangkan serta beradrenalin.

Yang jelas, bentuk healing seperti ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres. Bila kamu sudah membaca artikel sebelumnya, maka kamu pasti sudah mengetahui bahwa stres adalah masalah kesehatan paling mengkhawatirkan di dunia nomor 3.

Baca Juga: Manfaat Virtual Reality dalam Terapi Kesehatan Mental

Sayangnya, tidak semua orang punya kesempatan untuk bisa mengunjungi tempat-tempat pariwisata. Entah itu karena tuntutan pekerjaan yang terlalu banyak, terlalu sibuk untuk mengurus rumah tangga, dan tempat wisata yang ingin dikunjungi terlalu jauh.

Tapi, tidak perlu khawatir karena dengan perkembangan teknologi, kita bisa berwisata ke tempat-tempat yang menyenangkan tanpa harus meninggalkan rumah sama sekali. Salah satu dari sekian banyak teknologi yang dapat digunakan untuk ini adalah Augmented Reality.

Augmented Reality atau yang biasa disingkat dengan AR, akan menjadikan pengalaman destinasi wisata kita jauh lebih interaktif dan juga menarik.

Nah, berikut ini adalah 5 peran Augmented Reality dalam dunia pariwisata.

5 Peran Augmented Reality dalam Pariwisata

1. Memudahkan Navigasi Pengunjung

Yang pertama adalah mampu memudahkan pengunjung mendapatkan navigasi tempat wisata. Mereka akan terhindar dari kebingungan dan tersesat selama berada di wilayah pariwisata.

2. Informasi Wisata yang Lebih Interaktif

Kedua adalah bentuk informasi wisata yang disajikan jauh lebih interaktif. Melalui AR, pengguna bisa mendapatkan informasi wisata dari buku yang telah dirancang khusus agar bisa menampilkan 3D animation. Ya, konsepnya mirip dengan sistem ARTDA 1.0 yang diciptakan oleh perusahaan Arutala.

Contoh lain, adalah AR yang mampu menampilkan informasi interaktif tepat di objek wisata yang real. Semisal kamu mengunjungi kebun binatang dan setiap pekarangan kebun binatang memiliki QR Code. Hanya dengan melakukan scan dengan smartphone, kamu bisa mendapatkan informasi unik seputar satwa yang ada.

3. Tour Guides yang Baik

Ya, bisa dibilang ini adalah efek domino dari manfaat sebelumnya. Hadirnya AR memberikan kita banyak informasi yang interaktif serta mencerdaskan. Bahkan bentuk informasi yang ditampilkan beragam, dan bukan hanya berupa ucapan lisan saja.

Benar-benar dapat melebihi ekspektasi kita terhadap pemandu wisata tradisional.

4. Memberikan Pengunjung Banyak Opsi Permainan

Peran atau manfaat Augmented Reality dalam pariwisata yang berikutnya adalah mampu memberikan pengunjung lebih banyak opsi permainan. Ya, merasa bosan di tempat wisata itu wajar, apalagi tempat wisata yang dikunjungi “hanya” menawarkan hiburan dari sisi visual saja.

Dengan AR, kita bisa mendapatkan permainan baru di lokasi wisata. Semisal bermain memburu harta karun 3D.

5. Pemotretan Wisata Menjadi Lebih Unik, Lucu dan Menyenangkan

Yang terakhir, adalah mampu memberikan kita kesempatan mendapatkan hasil pemotretan wisata yang lebih unik. Lucu dan juga pastinya menyenangkan. Ya, dengan AR kita dapat menampilkan objek 3D untuk ditaruh di dekat objek di dunia nyata.

Semisal kamu mengunjungi kebun binatang, dan sedang berada di pekarangan kuda nil. Kamu bisa menampilkan objek 3D dirimu untuk berada langsung tepat disampingnya.

Inilah 5 peran Augmented Reality dalam dunia pariwisata. Sebenarnya ada banyak peran lain yang dimiliki oleh teknologi ini untuk dunia pariwisata. CEO Arutala, Ahmad Zankie menjelaskan;

Augmented Reality dan Virtual Reality adalah cara baru untuk kita bisa menikmati wisata ke level yang berbeda, jauh lebih menyenangkan, dan juga pastinya informatif.

AR/VR memberikan kita banyak opsi untuk dapatkan hiburan terbaru

Ahmad Zankie, CEO Arutala

Apabila kamu berminat untuk mendapatkan mitra terbaik di dalam untuk pengembangan VR, hubungi saja Arutala.id.

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow @arutalaid. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.