Besarnya Manfaat Pelatihan Karyawan dengan VR

Besarnya Manfaat Pelatihan Karyawan dengan VR

Besarnya Manfaat Pelatihan Karyawan dengan VR

Pelatihan Karyawan dengan VR -. Pelatihan karyawan adalah salah satu cara ampuh untuk perusahaan dapat meningkatkan mutu kinerja daripada karyawannya. Cara ini umum dilakukan oleh berbagai perusahaan besar. Ini adalah cara terbaik untuk perusahaan mampu menciptakan lingkungan kerja yang baik.

Lingkungan kerja yang kompetitif dan tentu saja sehat. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pelatihan karyawan ini. Selain membantu meningkatkan mutu kinerja karyawan, karyawan juga dapat terbantu untuk percepat proses kenaikan jenjang karir yang lebih baik. Mereka jadi punya kesempatan untuk mengisi pos-pos penting dalam kedudukan perusahaan.

Tentu saja ini akan mengurangi persentase terjadinya turnover karyawan dan perusahaan bisa menjalankan bisnis yang berkelanjutan. Agar lebih jelas, di sini mimin akan memberikan 10 contoh manfaat yang bisa didapatkan dari pelatihan karyawan dalam perusahaan. Dimulai dari;

  1. Mampu meningkatkan kepuasan dan semangat kerja daripada karyawan.
  2. Motivasi karyawan untuk memberikan mutu kinerja terbaik meningkat.
  3. Pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki karyawan akan meningkat.
  4. Penggunaan sumber daya perusahaan dan juga waktu yang diperlukan untuk proses kerja lebih efektif dan efisien.
  5. Lingkungan kerja kompetitif serta sehat dalam artian simpati satu sama lain dapat tercipta.
  6. Komunikasi bisnis antar karyawan jadi lebih solid daripada sebelumnya.
  7. Faktor human error yang terjadi dalam proses bisnis dapat diminimalisir.
  8. Kemampuan adaptasi akan perubahan teknologi terbaru akan meningkat. Baik itu untuk teknologi Artificial Intelligence, IoT, ataupun dengan Extended Reality dan lain-lain.
  9. Proses regenerasi perusahaan untuk menjalankan bisnis berkelanjutan jadi lebih aman.
  10. Reputasi perusahaan di mata klien akan meningkat. Relationship marketing dapat meningkat ke arah yang positif.

Sayangnya, meskipun pelatihan karyawan akan memberikan banyak manfaat untuk perusahaan. Itu tergantung kepada kualitas pelaksanaan pelatihan itu sendiri. Ya, ada banyak tantangan yang mesti dipelajari demi bisa melaksanakan proses pelatihan karyawan yang efektif.

Adapun tantangan yang perlu dihadapi itu seperti;

Tantangan Menjalankan Pelatihan Karyawan

1. Proses pelatihan karyawan pada umumnya melibatkan lebih banyak pemahaman materi secara teoritis ketimbang praktik. Hal inilah yang menjadikan proses pelatihan karyawan jauh dari kata imersif.

2. Pelatihan karyawan yang tidak memberikan pengalaman imersif tentunya akan menjadikan proses pelatihan jadi tidak efektif dan efisien.

3. Efek domino dari pelatihan karyawan yang tidak efektif dan efisien sebelumnya adalah pemahaman materi dan juga tingkat keterlibatan peserta pelatihan jadi rendah.

4. Pada akhirnya proses pelatihan karyawan yang sudah dilakukan hanya akan membuang-buang waktu serta biaya perusahaan.

Pelatihan Karyawan dengan VR

Lalu apa solusi terbaiknya?.

Ahmad Zankie, CEO Arutala perusahaan virtual reality sekaligus CEO Aikrut perusahaan pengembangan skill karyawan menjelaskan bahwa;

Proses pelatihan karyawan membutuhkan metode pembelajaran interaktif. Yang mampu memberikan pengalaman imersif kepada peserta. Kita tidak bisa lagi terlalu berharap dengan metode pelatihan klasik. Menggunakan virtual reality jelas bisa jadi salah satu solusi terbaiknya. Virtual reality akan menjadikan materi pelatihan jauh lebih menyenangkan. Ini akan berdampak pada tingkat keterlibatan peserta dan kepercayaan dirinya yang meningkat.

Ahmad Zankie, CEO Arutala

Apa yang dikatakan oleh CEO Arutala ini memang benar adanya.

Terlebih lagi penerapan virtual reality untuk proses pelatihan karyawan sudah banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Contoh saja Walmart. Walmart menggunakan VR untuk proses pelatihan karyawan mencakup pada 3 poin yakni; pembelajaran teknologi baru, soft skills, dan disiplin.

VR Training yang dilakukan oleh Walmart terbukti berhasil meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

Inilah penjelasan lengkap tentang manfaat pelatihan karyawan dengan VR.

Apabila Sobat Arunews berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Virtual Reality Profesional, hubungi Arutala.id.

Baca Juga: Contoh Perusahaan yang Menggunakan Virtual Reality 

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual reality di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow ARUTALA. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.