Manfaat VR untuk Public Speaking, Terobosan Baru dalam Dunia Pelatihan

Manfaat VR untuk Public Speaking, Terobosan Baru dalam Dunia Pelatihan

Manfaat VR untuk Public Speaking, Terobosan Baru dalam Dunia Pelatihan

Manfaat VR untuk Public SpeakingVirtual reality adalah salah satu teknologi terbarukan yang sekarang ini banyak digunakan pada berbagai industri penting kehidupan manusia. Teknologi ini pertama kali muncul berkat kombinasi sempurna antara konsep sensorama milik Morton Heilig dan juga Head Mounted-Display milik Ivan Sutherland di tahun 60-an.

Memang, istilah daripada virtual reality baru pertama kali populer di akhir tahun 80-an oleh seorang ahli komputer sains nyentrik, Jaron Lanier. Teknologi ini memungkinkan kita untuk dapat terhubung ke dalam jaringan komputer dunia 3D sebagai avatar. Di dalam dunia 3D tersebut, kita bisa melakukan banyak hal, tanpa perlu khawatir akan adanya batasan ruang dan waktu.

Oleh sebab inilah, maka wajar jika virtual reality banyak diterapkan untuk berbagai industri penting. Terutama ditujukan untuk menjadikan proses pelatihan karyawan lebih efektif dan efisien. Proses penyampaian materi bisnis atau SOP (Standar Operasional Prosedur) jadi lebih menarik daripada sebelumnya. Bahkan tingkat keterlibatan peserta pelatihan yang mana itu juga berhubungan dengan tingkat kepercayaan diri peserta, jadi lebih meningkat.

Lebih daripada itu, virtual reality juga mampu membantu pebisnis lebih pede menjalankan strategi marketingnya. Tentu saja ada banyak jenis daripada strategi marketing yang dapat dimatangkan oleh kehadiran virtual reality ini. Salah satunya adalah strategi public speaking.

Baca Juga: Contoh Tema Pelatihan Public Speaking

Sebuah strategi komunikasi bisnis agar dapat menyampaikan pesan tertentu secara menarik dan efektif kepada publik. Ya, virtual reality memiliki manfaat besar untuk proses public speaking ini.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap manfaat virtual reality untuk proses public speaking, dimulai dari;

Manfaat Virtual Reality untuk Public Speaking

1. Berikan Cara Pandang Metode Pelatihan yang Baru

Metode Pelatihan VR Public Speaking
Sumber: Verywellmind.com

Hadirnya virtual reality jelas memberikan kita pandangan baru daripada metode pelatihan public speaking. Tentu saja pandangan baru tersebut berbeda jauh dengan metode pelatihan tradisional seperti;

  • Berlatih di depan cermin.
  • Berbicara kepada teman atau partner bisnis.
  • Menggunakan jasa seorang pelatih public speaking.

2. Latihan Dapat Dilakukan di Tempat yang Nyaman

Manfaat yang kedua adalah virtual reality mampu memberikan peserta pelatihan public speaking kesempatan untuk mengakses lokasi pelatihan yang nyaman. Sesuai dengan preferensi masing-masing. Melalui virtual reality, peserta bisa mendapatkan ilusi lokasi pelatihan seolah-olah berada di tempat yang indah, semisal air terjun Niagara.

Perasaan nyaman seperti inilah yang sejatinya dibutuhkan oleh peserta pelatihan demi bisa mengeluarkan potensi komunikasi terbaiknya.

3. Dapat Dilakukan Kapanpun

Hampir selaras dengan manfaat sebelumnya, adalah proses pelatihan public speaking yang dilakukan, lebih fleksibel. Tidak terikat dengan lokasi ataupun waktu tertentu. Ini tentu adalah cara terbaik untuk perusahaan dapat menyesuaikan jadwal latihan karyawannya dengan jadwal kerja utama

4. Materi Pelatihan Public Speaking Lebih Interaktif dan Penuh Feedback

Manfaat yang keempat adalah mampu menjadikan proses pelatihan public speaking lebih interaktif dan penuh dengan feedback. Ya, virtual reality bukan hanya mampu menjadikan peserta nyaman, tapi juga mampu memberikan mereka tantangan yang nyata.

Contoh saja dari aplikasi Virtual Speech VR, di mana setiap gerak gerik yang dilakukan selama komunikasi berlangsung akan dinilai.

Dimulai dari kecepatan berbicara, intonasi nada bicara, body language yang tepat, filler words dan lain-lain.

5. Memudahkanmu untuk Melacak Peningkatan Kemampuan Public Speaking

Pelacakan Peningkatan Kemampuan Public Speaking
Sumber: Virtualspeech.com

Efek domino dari manfaat sebelumnya, adalah peserta pelatihan mampu melacak peningkatan kemampuan public speaking secara lebih akurat dan juga mandiri. Tidak lagi harus bergantung kepada penilaian orang lain.

Data pelacakan peningkatan public speaking ini bahkan bisa didapatkan dalam bentuk visualisasi data yang insightful.

Public speaking adalah bagian penting dalam bisnis untuk menarik perhatian target audience. Poin dasar daripada public speaking yang baik tentu saja adalah pemahaman materi yang baik, komunikasi yang jelas dan lantang, serta penggunaan bahasa tubuh yang tepat. Sayangnya, ilmu ini bukanlah perkara mudah untuk dipelajari, dan butuh banyak latihan. Sayangnya lagi, model pelatihan public speaking cenderung menggunakan cara lama dan kurang bersahabat untuk mereka yang pemula. Oleh sebab itulah, virtual reality hadir memberikan solusi.

Ahmad Zankie, CEO Arutala.

Inilah penjelasan lengkap manfaat VR untuk public speaking.

Apabila Sobat Arunews berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Virtual Reality Profesional, hubungi Arutala.id.

Baca Juga: Perbedaan Web3 dengan Metaverse

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual reality di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow ARUTALA. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.