Augmented Reality Tembang Dolanan

Bagaimana Augmented Reality Dapat Meningkatkan Kembali Minat Anak Pada Tembang Dolanan?

Augmented Reality Tembang Dolanan

Jasa Pembuatan AR/VR – Perkembangan teknologi yang begitu pesat sekarang ini menjadikan semua aspek dalam kehidupan kita berubah. Sekarang, kita dapat mengetahui informasi dari manapun dan kapanpun menggunakan teknologi internet. Ada banyak dampak positif yang bisa kita dapatkan dari penggunaan internet. Begitu juga dengan dampak negatifnya.

Akses informasi yang begitu mudah didapatkan oleh siapapun, menjadikan penggunanya untuk lebih kritis. Terlebih jika pengguna tersebut adalah anak-anak, yang notabene masih perlu bimbingan dari orang yang dewasa.

Salah satu dampak negatif dari penggunaan internet berlebihan pada anak adalah mereka yang merasa sudah sangat dewasa dengan konten yang mereka akses. Kita ambil contoh kecil saja, di mana anak-anak zaman sekarang lebih suka untuk mendengarkan dan juga menyanyikan lagu yang secara lirik dan makna belum pantas untuk mereka.

Tema lagu jatuh cinta, perselingkuhan, patah hati, dan kebanyakan lagu-lagu dangdut. Lagu yang sarat akan goyangan kurang pantas menjadi hal lumrah yang dinyanyikan oleh kebanyakan anak-anak zaman sekarang.

Belum lagi perkembangan pesat industri musik K-Pop, Barat, dan musik Disc Jockey semakin membenamkan minat anak pada lagu-lagu yang memang lebih cocok mereka nyanyikan.

Lalu apa dampaknya lagu tersebut pada perkembangan anak?. Dilansir dari Theasianparent.com, terdapat 5 dampak buruk lagu orang dewasa terhadap anak, dan 5 dampak tersebut adalah;

  1. Mengganggu pola pikir anak.
  2. Anak menjadi mudah emosi.
  3. Dapat menimbulkan trauma.
  4. Merusak persepsi anak akan keadaan di dunia nyata.
  5. Bersikap lebih dewasa dari usianya tetapi dalam artian yang kurang baik.

Salah satu jenis lagu yang sudah ditinggalkan dan kurang diminati oleh anak-anak di zaman sekarang adalah tembang dolanan. Lalu apa itu Tembang Dolanan?.

Tembang Dolanan Adalah..

Tembang Dolanan Zaman Dulu
Sumber: Mudahdicari.com

Tembang dolanan adalah lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak ketika mereka sedang bermain bersama (dolanan), dan memang sebutan ini populer di Jawa.

Selain digunakan sebagai lagu untuk mengiringi permainan, tembang dolanan juga dinyanyikan untuk sekedar bersenandung ketika bermain.

Berbeda dengan lagu-lagu dewasa yang memiliki lirik dengan makna yang mendalam, tembangan dolanan berisikan lirik yang berisikan nasihat dan nilai moral yang sesuai dengan anak-anak.

Syair dan nada yang dimainkan juga sederhana dan membawa keceriaan. Sangat cocok untuk anak-anak yang memang membutuhkan nasihat yang disampaikan dengan cara yang menyenangkan.

Tembang dolanan sendiri sudah ada bahkan sebelum tahun 1900-an. Bila dibahas lebih mendalam, tembang dolanan adalah bentuk tidak terikat daripada tembang.

Tembang adalah istilah untuk karya sastra yang terbentuk dari rangkuman kata-kata atau cakepan dan terikat akan aturan tertentu yang dibacakan dengan cara dilagukan. Di dalamnya terdapat aturan pedothan, andhegan, dan juga cengkok.

Manfaat Tembang Dolanan Bagi Anak

Tembang Dolanan Ala Jasa Pembuatan AR VR
Sumber: Sagasitas.org

Ada banyak manfaat tembang dolanan bagi tumbuh kembang anak-anak. 4 di antaranya adalah;

1. Sarana Hiburan – Yang pertama adalah sarana hiburan yang pas untuk anak. Tembang dolanan biasa digunakan untuk mengiringi permainan tradisional. Ada banyak judul tembang dolanan yang bisa kita pelajari, mulai dari tembang dolanan Lir-Ilir, Kupu Kuwi, Jaranan, Jamuran, Gambang Suling, Cublak-Cublak Suweng dan lain-lain.

2. Berbagi NasihatKedua adalah sarana untuk berbagi nasihat. Contohnya seperti tembang dolanan yang berjudul Prakanca. Di dalam liriknya terdapat kata “rembulane sing ngawe-awe, ngelingake aja pada turu sore”. Adapun artinya dalam Bahasa Indonesia adalah bulan sendiri yang mengajak, mengingatkan agar jangan tidur di sore hari.

Maknanya adalah mengajak anak-anak agar tidak bermalas-malasan dan bersuka ria pada bulan purnama.

3. Berbagi Cerita – Ketiga, dengan tembang dolanan anak-anak dapat bercerita tentang sesuatu yang ia miliki. Contoh saja tembang Aku Duwe Pitik yang menceritakan seorang anak dengan seekor ayam.

4. Sarana Berbagi Nilai Sosial – yang terakhir adalah sarana berbagi nilai sosial. Salah satu contoh judul tembang dolanan yang memiliki manfaat ini adalah tembang Gundul-Gundul Pacul. Tembang gundul-gundul pacul menceritakan kepada anak-anak agar jangan menjadi pemimpin yang sewenang-wenang pada rakyatnya.

Nasib Tembang Dolanan Sekarang..

Perkembangan Tembang Dolanan Anak Sekarang
Sumber: Pramborsfm.com

Seperti yang sudah Min Aru jelaskan di awal, tembang dolanan sebagai salah satu bagian kebudayaan masyarakat Jawa terkhusus anak-anak mulai luntur.

Globalisasi dan perkembangan teknologi semakin membenamkan eksistensi tembang dolanan sebagai lagu yang cocok untuk anak-anak. Anak-anak sekarang lebih suka menyanyikan lagu-lagu yang lebih pantas dinyanyikan oleh orang-orang dewasa. Belum lagi diperparah dengan pola kehidupan sosial sekarang yang menganggap hal tersebut lumrah.

Padahal jika dibiarkan terus-menerus maka lagu-lagu seperti itu bisa merusak pola pikir sang anak.

Berangkat dari masalah inilah, Arutala, Jasa Pembuatan AR/VR bersama dengan Laboratorium Sariswara berinisiatif untuk mengembangkan ARTDA 1.0.

Mengenal ARTDA 1.0

ARTDA 1.0 Karya Jasa Pembuatan AR VR Arutala
Sumber: Arutala.id

ARTDA adalah singkatan dari Augmented Reality Tembang Dolanan Anak. Sesuai dengan namanya, aplikasi berbasis augmented reality ini digunakan untuk meningkatkan minat anak-anak terhadap tembang dolanan dengan pengalaman baru yang lebih interaktif.

ARTDA dapat dioperasikan menggunakan kamera smartphone yang sudah terpasang aplikasi ARTDA. ARTDA memungkinkan anak-anak untuk belajar tembang dolanan secara mandiri melalui objek 3 dimensi yang muncul dari buku panduan.

Anak-anak akan diberikan pengalaman belajar tembang dolanan lebih modern melalui objek 3 dimensi tersebut. Kerennya lagi, animasi 3 dimensi tersebut dapat dilihat secara 360 derajat dari atas, bawah, kanan dan kiri.

Lalu apakah ARTDA ini hanya dapat bekerja dengan buku panduan yang diberikan?.

Jawabannya tidak.

Aplikasi ARTDA adalah aplikasi berbasis marker dan juga non marker, hal itu menjadikan ARTDA dapat bekerja dengan baik meski tanpa buku panduan sekalipun. Tetapi Co-Founder Ambar Setyawan menegaskan bahwa penggunaan aplikasi ARTDA akan jadi lebih interaktif jika menggunakan buku.

Jika pengguna ingin menggunakan buku panduan, maka anak-anak hanya tinggal memindai animasi-animasi yang ada di buku menggunakan ARTDA.

Baca Juga: Virtual Reality untuk Solusi Kesehatan Masyarakat Kota

Arutala, Jasa Pembuatan AR/VR Ini Mendapatkan Berbagai Apresiasi untuk ARTDA

Jasa Pembuatan AR VR untuk Metode Belajar Inovatif
Sumber: Arutala.id

Pengembangan aplikasi ARTDA sebagai solusi untuk kembali meningkatkan minat anak pada tembang dolanan mendapatkan berbagai reaksi positif.

Dimulai dari Ketua Badan Khusus Taman Kesenian Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, Ki Priyo Dwiarso. Di tahun 2020 lalu melalui acara peluncuran ARTDA 1.0, Ki Priyo Dwiarso mengatakan upaya inovatif yang dilakukan Arutala ini sangat penting untuk melestarikan ajaran luhur Ki Hadjar Dewantara.

Apresiasi akan usaha positif yang dilakukan oleh Arutala ini juga datang dari Kepala Galeri Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan, Pustanto.

Pada acara yang sama, beliau mengatakan bahwa ARTDA 1.0 ini adalah metode sariswara yang relevan di era digital.

“Direktorat Jenderal Kebudayaan berharap dengan cara ini para siswa dapat mempraktikkan sariswara secara kekinian, dengan mendayagunakan aneka bentuk budaya digital,” kata Pustanto.

Baca Juga: Produk-Produk Immersive Learning Arutala

Metode Sariswara sendiri adalah metode mendidik anak melalui kesenian untuk membiasakan segala keindahan dan kehalusan. Menggabungkan pengalaman pada semua indra yang ada, baik pendengaran, penglihatan, gerakan fisik, dan perasaan.

Melalui aplikasi ini juga, klien dari Arutala, yakni Laboratorium Sarisawara, Listyo HK berharap anak-anak dan orangtua akan semakin tertarik mempelajari kembali tembang-tembang dolanan. Sehingga tembang dolanan bisa terus eksis meskipun di tengah gempuran globalisasi.

Ingin dapat layanan terbaik dari Jasa Pembuatan AR/VR Arutala?. Hubungi segera nomor WhatsApp 62811-757-8080