5 Rekomendasi Headset VR Terbaik 2024

5 Rekomendasi Headset VR Terbaik 2024

5 Rekomendasi Headset VR Terbaik 2024

Headset VR Terbaik 2024 – 2024 sudah kita masuki. Tentu saja di tahun ini kita mengharapkan banyak perkembangan teknologi yang terjadi. Di tahun 2023 kemarin, kita telah mendapatkan banyak keuntungan dari perkembangan teknologi AI.

Melalui teknologi ini kita dapat meningkatkan produktivitas kerja pada pola pekerjaan tetap dan tidak tetap sekalipun seperti seni. Ya, kehadiran Chat GPT pada akhir tahun 2022 lalu memang telah banyak menghiasi tahun 2023 dengan demam AI.

Tapi, perlu kita ketahui bersama bahwa sejatinya perkembangan teknologi di tahun 2023 kemarin, tidak hanya jadi milik AI saja. Ada teknologi lain yang mampu mencuri perhatian. Teknologi itu adalah virtual reality.

Sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berinteraksi di dalam dunia virtual tanpa adanya batas ruang dan waktu.

Tentunya kita masih ingat dengan gebrakan Apple yang bakal merilis headset Vision Pro di tahun ini. Gebrakan Apple tersebut menjadikan topik Virtual Reality di kalangan Tech Enthusiast naik kelas.

Tapi sayang, waktu perilisan Apple Vision Pro masih belum dapat diketahui pasti. Kabarnya, produk Apple ini akan dirilis pada Februari tahun ini.

Meskipun begitu, antusias Tech Enthusiast terhadap virtual reality tetap tidak berkurang. Bahkan banyak dari mereka yang bertanya tentang rekomendasi headset VR terbaik 2024.Nah, untuk menambah wawasan terhadap rekomendasi headset VR terbaik tahun ini, berikut ini mimin akan berikan 5 daftarnya.

Dimulai dari;

5 Rekomendasi Headset VR Terbaik 2024

1. Meta Quest 3

Produk Baru Meta Quest 3
Sumber: Google Images

Sesuai dengan namanya, Quest 3 adalah versi headset lanjutan yang dikembangkan oleh perusahaan Mark Zuckerberg, Meta Platforms. Inc. Headset ini memiliki chip Qualcomm Snapdragon XR2 Gen 2 sebagai dalamannya. Dikatakan oleh Meta, processor ini mampu memiliki kekuatan grafis yang dua kali lebih tajam ketimbang Quest 2. Quest 3 sendiri berjalan pada ukuran resolusi 2.064 x 2.208 piksel.

2. Meta Quest 2

Spesifikasi Minimal Headset VR untuk Gaming
Sumber: Google Images

Di urutan kedua, ada nama Quest 2. Ini adalah versi sebelumnya dari Quest 3 dan memiliki ukuran resolusi 1821 x 1920 piksel. Quest 2 memiliki refresh 90Hz yang mulus. Oculus Quest 2 dimodali dengan chipset Snapdragon XR2 dari Qualcomm plus kartu grafis Adreno 650. Ukuran RAM yang mencapai 6 GB serta memori internal 64GB – 256GB.

3. Playstation VR

Sony Playstation VR
Sumber: Google Images

Urutan ketiga ada nama headset PS VR2. Headset ini memiliki ukuran layar HRD OLED 2K ganda, secara efektif memberikanmu kualitas 4K. Headset ini memiliki resolusi 2.000 x 2.040 piksel dengan frame ratenya di angka 90Hz dan 120Hz. PSVR 2 dilaporkan akan memiliki field of view yang lebih besar daripada PlayStation VR pertama dan sudah mendukung banyak game seperti Gran Turismo, Resident Evil Village, Kayak VR: Mirage (Better Than Life) dan lain-lain.

4. HP Reverb G2

Rekomendasi Headset VR Terbaik 2024
Sumber: PCmag.com

Keempat ada nama HP Reverb G2. Ini adalah headset yang didapatkan dari hasil kerjasama Valve dengan headset terbaik Index. Reverb G2 juga memiliki layar yang tajam, menawarkan ukuran resolusi 2.160 x 2.160 piksel dengan kecepatan refresh 90Hz, dan field of view 114 derajat yang relatif lebar.

Headset mampu memastikan pelacakan VR lebih akurat, terutama saat bermain game dengan tempo cepat.

5. Valve Index

Spesifikasi Valve Index VR Terbaru
Sumber: Google Images

Dirilis di tahun 2019, headset VR ini memiliki panel LCD beresolusi tinggi 1440 x 1600 permata dengan resolusi gabungan mencapai 2880 x 16000. Refresh rate yang dimiliki juga tergolong tinggi yakni 80 Hz – 120 Hz. Headset ini sendiri memiliki kelebihan pada bagian audionya.

Di mana Valve Index dapat terintegrasi dengan jack audio 3,5 mm. Disokong dengan driver BMR, menjadikan suara yang dihasilkan dari headset ini berfrekuensi rendah, imersif, akurat dan pastinya nyaman di gendang telinga.

Inilah penjelasan lengkap tentang rekomendasi headset VR terbaik 2024.

Baca Juga: VR Training untuk Keselamatan Kerja

Dapatkan informasi keren tentang teknologi metaverse di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow @arutalaid. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.