5 Game Metaverse Terbaik di Tahun 2023!

5 Game Metaverse Terbaik di Tahun 2023!

5 Game Metaverse Terbaik di Tahun 2023!

Game Metaverse Terbaik 2023 – 2023 sebentar lagi akan usai. Di tahun ini kita telah melihat berbagai tren teknologi yang muncul. Tentu saja nama teknologi Artificial Intelligence menjadi yang paling disorot di tahun ini. Kehadiran Chat GPT pada Desember 2022 lalu membawa banyak developer IT akan demam teknologi AI.

Lalu apakah di tahun ini tren teknologi didominasi penuh oleh teknologi AI saja?. Jawabannya tidak. Karena nyatanya teknologi metaverse yang dikembangkan perusahaan Meta, Mark Zuckerberg, berhasil mencuri cukup banyak perhatian IT Enthusiast.

Terlebih lagi metaverse mampu berbicara banyak pada bidang hiburan terkhusus dunia gaming. Persis seperti yang dikatakan oleh CEO Addo, Ayesha Khanna di awal tahun 2023 tentang prediksi tren teknologi.

“Penduduk asli Metaverse yang tumbuh besar dengan bermain game dan bersosialisasi dalam realitas digital alternatif akan mendorong perusahaan untuk menyelenggarakan konser, pekan mode, perjalanan pelanggan dan aktivitas edutainment tahun 2023”

Apa yang dikatakan oleh Ayesha Khanna ini memang benar adanya. Faktor bahwa game metaverse menawarkan konsep blockchain dengan tingkat keamanan dan desentralisasi tinggi juga jadi pendukung kesuksesan metaverse. Teknologi blockchain yang terintegrasi di dalamnya, memungkinkan pengguna untuk memperoleh hadiah di dalam game.

Pengguna bisa membeli dan menjual aset atau items game yang didapatkan dengan mata uang kripto. Transaksi yang dilakukan sendiri bersifat transparan, aman dan terdesentralisasi.

Game metaverse mampu menawarkan pengalaman bermain game yang unik dan dapat dipersonalisasi. Lalu apa saja sih game metaverse yang paling populer di tahun ini?.

Baca Juga: 5 Anime Bertemakan Virtual Reality Terbaik

Jawaban dari pertanyaan di atas, akan segera terjawab di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!

5 Game Metaverse Terbaik 2023

1. Decentraland

Sumber: @decentraland_foundation

Yang pertama adalah game Decentraland. Game ini menggabungkan 2 aspek yakni bisnis dan real estat dalam lingkungan berbasis blockchain. Transaksi jual beli di dalamnya menggunakan blockchain Ethereum.

Di dalam game ini, player dapat membangun, membeli serta menjual bangunan yang dimilikinya dari items pribadi. Items tersebut adalah kreasi mereka selama bermain di dunia simulasi 3D.

Mereka dapat menjual kreasinya dan mendapatkan hadiah berupa mata uang kripto atau aset virtual lainnya. Game ini sendiri sangat cocok untuk melatih jiwa bisnis dan investasi tepat para playernya.

2. Axie Infinity

Sumber: @Bittrio

Kedua ada game Axie Infinity. Gameplay Axie Infinity disebut-sebut mirip dengan gameplay game Pokemon. Di mana player di game Axie Infinity ditugaskan untuk mengumpulkan monster dengan cara bertarung dan mengalahkannya.

Setiap pertarungan yang dimenangkan akan menghasilkan reward kepada player, dan reward tersebut adalah SLP. SLP sendiri adalah token ERC-20, dan dengan reward item ini, player dapat meningkatkan kualitas serta memperbanyak Axie yang dimilikinya.

Token ERC-20 ini jugalah yang nantinya bisa dijual dengan berbagai mata uang kripto.

3. Sandbox

Sumber: @thesocialguide7659

Selanjutnya ada game Sandbox. Game ini disebut-sebut sebagai game metavers yang mirip dengan Minecraft. Player di dalamnya dapat membuat kreasi apa saja yang diinginkan dengan bentuk aset bergaya voxel.

Namun berbeda dengan Minecraft, setiap kreasi yang dibuat oleh player dapat dijual menggunakan $SAND. Kreasi aset yang telah dibuat player akan direpresentasikan sebagai NFT (Non-Fungible Token).

NFT di dalam game ini dapat dibeli, dijual, dan diperdagangkan di pasar berbasis blockchain.

4. Iluvium

Sumber: @Illuvium

Di urutan keempat ada nama game Iluvium. Game metaverse yang satu ini disebut sebagai game blockchain 3D “AAA” terbaik. Game ini menawarkan pengalaman menegangkan untuk player, di mana mereka diharuskan untuk mencari makhluk mitos bernama iluvial di dunia yang aneh.

Player yang berhasil mendapatkan makhluk ini dapat menjualnya sebagai NFT. Tepat di habitat iluvium, player bisa mengambil item baru berupa baju besi dan senjata untuk melawan musuh yang ada.

Setiap tugas yang berhasil diselesaikan akan menghasilkan insentif berupa cryptocurrency Illuvium.

5. My NeighBor Alice

Sumber: @myneighboralice7508

Terakhir, ada game My Neighbor Alice. Game yang dikembangkan oleh developer Antler Interactive ini menawarkan kesempatan kepada player untuk menjelajah dunia virtual dan membuat pulaunya tersendiri

Game ini didukung oleh token ALICE dan pemain bisa mendapatkannya melalui tugas di dalam game yang berhasil diselesaikan. Adapun tugas yang diberikan beragam, dimulai dari menghadiri acara komunitas ataupun hasil dari jual beli aset virtual. Sekilas gameplay dari My Neighbor Alice mirip dengan Farmville, hanya saja dengan bentuk 3D metaverse.

Ya, di dalam game ini player juga dapat memilih hewan ternak manakah yang ingin dibudidayakan atau tidak. Ditetaskan atau tidak dan lain-lain. Player dapat memanfaatkan peternakan ini sebagai sumber pendapatan NFT di dalam game.

Inilah penjelasan lengkap tentang 5 game metaverse terbaik 2023.

Apabila Sobat Arunews berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Virtual Reality Profesional, hubungi Arutala.id.

Baca Juga: Cara Mengatur IPD untuk Penggunaan VR dengan Mudah

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual reality di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow ARUTALA. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.