Inilah Manfaat Besar Extended Reality untuk Bisnis

Inilah Manfaat Besar Extended Reality untuk Bisnis

Inilah Manfaat Besar Extended Reality untuk Bisnis

Extended Reality untuk BisnisExtended Reality atau yang biasa disingkat dengan XR adalah teknologi yang dihasilkan dari perpaduan sempurna VR, AR, dan MR. Teknologi ini diciptakan agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman baru yang dinamis.

Sama seperti VR, AR, dan MR, XR juga telah banyak diterapkan dalam berbagai bidang industri penting. Penerapan XR telah akrab kita temui pada bidang industri seperti pendidikan, kesehatan, manufaktur, desain bangunan, pertanian & peternakan, marketing, game & hiburan, dan lain-lain.

Teknologi ini diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat. Statista bahkan memprediksi bahwa ukuran pasar global yang dimiliki di tahun 2026 akan melampaui $100 miliar. Terdapat banyak pemain besar dalam pasar global ini. 3 di antaranya adalah;

  • HoloLens 2. HoloLens adalah proyek extended reality yang dikembangkan langsung oleh Microsoft. Teknologi ini banyak digunakan dalam bidang industri untuk keperluan pelatihan, kolaborasi dan juga desain. Penggunaan paling populer dari HoloLens adalah ketika teknologi ini banyak membantu proses desain pesawat ruang angkasa Orion.
  • Magic Leap 2. Proyek besar berikutnya ada Magic Leap 2. Proyek teknologi virtual ini dikembangkan oleh Magic Leap, dan telah digunakan oleh banyak perusahaan besar lainnya. Contohnya adalah Dassault Systemes dan juga Siemens.
  • Meta Quest 3. Proyek ini dikomandoi langsung perusahaan raksasa media sosial, Meta. Sepak terjangnya tidak perlu lagi kita ragukan.

Alasan mengapa teknologi ini begitu diminati adalah karena manfaat besar yang dimilikinya. Terlebih lagi untuk perkembangan bisnis. Lalu apa saja manfaat Extended Reality untuk bisnis?. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya, simak baik-baik artikel ini ya!.

5 Manfaat Besar Extended Reality untuk Bisnis

1. Pelatihan Karyawan

Ya, yang pertama adalah extended reality yang dapat membantu perusahaan lebih mudah melakukan pelatihan karyawan. Pelatihan karyawan bagi perusahaan sendiri bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kinerja yang ada.

Ada banyak materi penting yang mesti dipelajari dari pelatihan karyawan ini. Dimulai dari materi pelatihan manajemen, language, soft skill, kreativitas, teknologi dan lain-lain. Banyaknya materi ini tentunya akan memberikan banyak waktu pada perusahaan untuk mencari pola penyampaian materi yang menarik serta mudah dipahami.

Jika proses riset dan penyampaiannya tidak imersif, maka hasil yang diharapkan dari pelatihan karyawan tidak kunjung didapatkan.

2. Pemasaran

Setali 3 uang dengan manfaat sebelumnya, extended reality mampu menjadikan proses pemasaran jadi lebih menarik. Lebih mampu meningkatkan keterlibatan daripada target audience. Ya, melalui extended reality, calon pelanggan bisa mendapatkan pengalaman try and buy ke level yang berbeda.

Dari pihak produsen, extended reality mampu membantu perusahaan untuk menekan biaya produksi produk sample untuk ditampilkan pada calon pelanggan.

3. Desain Produk

Ketiga adalah extended reality mampu membantu bisnis lebih mudah menjalankan proses desain produk jadi lebih cepat dan praktis. Mereka tidak perlu pusing mencari biaya yang besar untuk dapatkan sumber daya yang tepat demi bisa melakukan proses desain produk.

4. Kolaborasi Tim

Manfaat extended reality berikutnya adalah menjadikan proses kolaborasi tim jadi lebih interaktif, lebih hidup, dan juga penuh dengan ide kreatif dan inovatif. Adanya extended reality akan meningkatkan rasa ingin terlibat dan rasa percaya diri yang tinggi dari karyawan untuk sampaikan ide baiknya pada bisnis.

Terkadang, ada banyak karyawan yang ingin menyampaikan ide kreatifnya, tetapi karena mereka tidak mendapatkan platform yang tepat. Ide itu kemudian urung disampaikan.

5. Kesehatan Mental

Terakhir, berkaitan dengan manfaat sebelumnya adalah extended reality yang mampu menjadi perantara untuk karyawan bisa terus mendapatkan pikiran positif. Mereka bisa terus mendapatkan dopamin yang bisa memicu keinginan untuk maju.

Arutala saat ini sedang berusaha keras untuk memastikan setiap pengembangan VR, AR, MR mencapai level Extended Reality.

Ahmad Zankie, CEO Arutala.

Apabila kamu berminat untuk mendapatkan mitra terbaik di dalam untuk pengembangan VR, hubungi saja Arutala.id.

Baca Juga: Durasi Waktu Terbaik Bermain VR

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow @arutalaid. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.