Inilah Durasi Waktu Terbaik untuk Bermain VR

Inilah Durasi Waktu Terbaik untuk Bermain VR

Durasi Waktu Bermain VRVirtual reality adalah teknologi terbarukan yang memungkinkan kita untuk dapat berinteraksi satu sama lain dalam dunia 3D. Teknologi ini sebenarnya telah lama dikembangkan sejak tahun 1968 melalui ide Ivan Sutherland tentang head mounted display.

Bersama dengan muridnya Bob Sproull, Ivan Sutherland sukses menciptakan sistem yang menjadi cikal bakal virtual reality sekarang ini. Penemuan ini kemudian terus berlanjut pada tahun 1969 oleh Myron Krueger. Ia berhasil menciptakan Artificial Reality yang memungkinkan terjadinya interaksi responsif dalam lingkungan computer-generated.

Uniknya, saat itu nama teknologi virtual reality belumlah populer. Nama untuk teknologi virtual ini baru dipopulerkan pertama kali pada tahun 1987 oleh Jaron Lanier. Ia mempopulerkan istilah virtual reality ini saat berada dalam proyek The Visual Programming Lab.

Hingga sekarang, virtual reality telah sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Tak jarang virtual reality telah banyak membantu perkembangan dunia industri jadi lebih produktif dan efektif.

Ya, virtual reality telah banyak ditemukan pada banyak industri penting seperti pendidikan, kesehatan, manufaktur, desain bangunan, pertanian & peternakan, marketing, game & hiburan, dan lain-lain.

Yang paling kentara tentu saja adalah penerapan virtual reality dalam bidang game & hiburan. Virtual reality mampu memberikan pengguna pengalaman bermain game yang lebih seru, atraktif dan juga nyata.

Sayangnya, bermain game virtual reality bukan hanya akan memberikan kita dampak positif tapi juga dampak negatif. Terlebih jika durasi waktu bermain virtual reality sudah berlebihan.

Lalu berapakah durasi waktu bermain virtual reality yang seharusnya?.

Pertanyaan di atas akan terjawab lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Ada banyak faktor yang sebenarnya dapat mempengaruhi durasi waktu bermain VR. 4 di antara banyak faktor yang mempengaruhi tersebut adalah;

  1. Rekomendasi produsen. Faktor yang pertama berasal dari rekomendasi produsen perangkat VR itu sendiri. Setiap perangkat VR pastinya memiliki rekomendasi waktu lamanya penggunaan dari produsen. Hal ini wajar karena produsen pastinya telah menemukan pola yang tepat untuk penggunaan perangkatnya. Kita bisa membaca rekomendasi ini pada petunjuk penggunaan yang diberikan.
  2. Usia pengguna. Faktor kedua adalah usia pengguna. Virtual reality tidak disarankan kepada mereka yang masih berada di bawah usia 13 tahun. Ditakutkan penggunaan VR pada mereka yang masih berada di bawah usia 13 tahun, dapat merusak kesehatan dan perkembangan mereka. Untuk orang dewasa, disarankan untuk menggunakan VR selama 30-40 menit dalam satu sesi penggunaan.
  3. Jenis permainan. Ya, jenis permainan yang diakses sangat mempengaruhi durasi waktu penggunaan VR. Apabila game yang diakses adalah game yang menuntut player-nya untuk aktif bergerak, maka jelas durasi waktunya akan jauh lebih sedikit ketimbang game yang santai.
  4. Kondisi kesehatan pengguna. Yang terakhir adalah kondisi kesehatan pengguna. Jika sudah terasa mual atau pusing, segera hentikan penggunaan VR.

Durasi Waktu Bermain VR

Lamanya durasi penggunaan VR ini sebenarnya bergantung pada kemampuan adaptasi mata pengguna masing-masing.

Namun, berdasarkan banyaknya referensi yang mimin temukan di internet, waktu yang disarankan untuk pengguna pemula adalah 3-5 menit.

Untuk mereka yang sudah terbiasa dan termasuk ke dalam golongan orang dewasa, maka bisa menggunakan VR selama 5-10 menit.

Jika sudah terbiasa dan sudah nyaman memakai alat ini, orang dewasa dapat menggunakannya selama 5-10/15 menit. Dan setiap 15 menit sekali disarankan untuk beristirahat.

Inillah penjelasan lengkap durasi waktu terbaik untuk bermain VR.

Teknologi virtual reality memberikan kita banyak dampak positif, hal ini selaras juga dengan banyaknya dampak negatif yang dimilikinya. Adapun dampak negatif daripada VR lebih disebabkan karena durasi waktu pemakaian yang tidak tepat.

Ahmad Zankie, CEO Arutala

Apabila kamu berminat untuk mendapatkan mitra terbaik di dalam untuk pengembangan VR, hubungi saja Arutala.id.

Baca Juga: Peran Augmented Reality dalam Pariwisata

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow @arutalaid. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.