Cara Mengatur IPD untuk Pengguna Headset VR

Cara Mengatur IPD untuk Pengguna Headset VR

Cara Mengatur IPD untuk Pengguna Headset VR

Cara Mengatur IPD VR – Sebutkan teknologi terbarukan yang sekarang ini banyak digunakan untuk pengembangan dunia metaverse oleh Mark Zuckerberg. Jawabannya adalah virtual reality.

Ya, teknologi yang pertama kali dikembangkan dari ide sensorama oleh Morton Heilig dan head mounted display dari Ivan Sutherland ini memang telah banyak merambat ke berbagai bidang industri penting kehidupan manusia.

Dimulai dari industri pendidikan, kesehatan, manufaktur, konstruksi, arsitektur, sipil, hiburan, game, marketing, retail dan lain-lain. Virtual reality mampu menjadikan semua industri yang ada, jadi lebih menarik dan juga mampu memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyata dan akraktif.

Mereka dapat merasakan sebuah produk atau sebuah kondisi selayaknya mereka benar-benar ada di sana. Virtual reality sendiri bekerja dengan memanipulasi serta mendorong otak manusia untuk merasakan dan berinteraksi dengan objek di dunia simulasi 3D sebagai avatar.

Di dalam prosesnya, avatar di dunia simulasi tersebut digerakan melalui dua alat kontrol, yakni headset VR dan hand controller. Untuk hand controller mungkin tidak ada atau bahkan jarang memiliki masalah yang berarti. Tapi ini tidak berlaku untuk headset VR.

Di mana headset VR seringkali dikeluhkan untuk berbagai masalah. Dimulai dari bentuk headset VR yang terlalu besar sehingga memberatkan kepala, serta kualitas kenyamanan mata saat sedang mengaksesnya.

Sebenarnya dua masalah ini sedang dicari solusi terbaiknya dari para ahli.

Di tahun ini Bigscreen Beyond telah meluncurkan headset VR berukuran kecil pertama di dunia. Kamu bisa membaca lebih lengkap tentang profil headset VR ini pada link artikel di bawah;

Baca Juga: Headset Berukuran Kecil Pertama di Dunia

Lalu untuk masalah yang kedua, sebenarnya kita bisa mencegahnya, terutama dari sisi pengguna dengan memahami durasi pemakaian headset VR terbaik.

Tapi, ada kalanya pengguna ingin tetap bisa tersambung ke dalam dunia simulasi 3D untuk waktu yang lebih lama. Lalu apakah ada cara yang lain?. Jawabannya adalah dengan mengatur IPD VR. Apa itu IPD?, dan bagaimana cara mengaturnya?.

Cara Mengatur IPD VR

IPD adalah singkatan dari interpupillary distance, yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah jarak antar pusat mata. Mengetahui nilai daripada IPD ini sangat penting karena dengan nilai tersebut kita dapat menyesuaikan headset VR dan AR dengan kualitas dan kenyamanan gambar yang maksimal.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kita bisa mengetahui IPD ini hanya dengan melalui aplikasi dari iPhone atau iPad Pro terbaru.

Ya, untuk pengguna iPhone, kamu dapat mengetahui IPD dengan mudah hanya dengan mendownload aplikasi EyeMeasure.

Sebuah aplikasi iOS gratis yang menggunakan kamera TrueDepth untuk model iPhone terbaru. Developer Dotty Digital mengklaim bahwa tingkat akurasinya mencapai 0,5 mm. Pengukuran IPD dengan nilai terjauhlah yang nantinya akan kamu gunakan.

Cara Lain Mengukur IPD

Lalu apa jadinya jika kamu tidak memiliki iPhone atau iPad Pro terbaru?. Kamu masih tetap bisa mengukur IPD yang ada melalui bantuan website 9five.com.

Website ini akan meminta foto diri kamu sedang memegang kartu kredit atau SIM, yang akan digunakan untuk menentukan skala pengukuran yang benar.

Selain menggunakan aplikasi EyeMeasure dan website 9five.com, kita juga bisa mengukur IPD dengan cara manual. 1 di antara 2 cara manual tersebut adalah dengan mengunjungi dokter mata.

Tanyakan kepada mereka akan data pengukuran IPD kamu dalam satuan milimeter.

Cara terakhir adalah dengan menggunakan penggaris dan cermin. Kita bisa melakukannya secara mandiri dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini, dimulai dari;

  1. Berdiri di depan cermin dan dekatkan penggaris ke hidungmu. Tempatkan penggaris hingga berada tepat di bawah kedua pupil mata kamu.
  2. Tutup mata kananmu dan lihat langsung ke mata kirimu. Gunakan penggaris sehingga tanda 0 muncul tepat di bagian bahwa pupil kiri matamu. Pertahankan penggaris dalam posisi diam untuk langkah selanjutnya.
  3. Tutup mata kirimu dan lihat langsung ke mata kananmu. Tanda tepat di bawah titik tengah pupil mata kananmu adalah IPD.

Inilah penjelasan lengkap tentang cara mengatur IPD VR dengan tepat.

Apabila Sobat Arunews berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Virtual Reality Profesional, hubungi Arutala.id.

Baca Juga: Arutala dan UGM Ciptakan Game Terbaru Becak Race 2045

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual reality di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow ARUTALA. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.