Inilah Cara Kerja VR untuk Bantu Bisnismu

Inilah Cara Kerja VR untuk Bantu Bisnismu!

Inilah Cara Kerja VR untuk Bantu Bisnismu

Cara Kerja VR Bantu Bisnis -. Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk dapat melakukan interaksi di dalam dunia 3D sebagai avatar. Sebagai avatar, kita dapat melakukan apa saja di dalam dunia 3D tersebut tanpa perlu takut akan batasan ruang dan waktu.

Hadirnya teknologi canggih seperti ini pastinya memberikan warna baru untuk kita dapat berkomunikasi, terutama dalam hal kolaborasi antar tim bisnis.

Perlu diketahui bahwa teknologi ini sebenarnya bukanlah teknologi yang hadir di era 2000-an. Jauh sebelum itu, teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak era tahun 60-an. Tepatnya dimulai dari pengembangan sensorama oleh Morton Heilig dan juga head-mounted display oleh Ivan Sutherland.

Adapun istilah virtual reality di kalangan umum baru dipopulerkan pada tahun 1980, tepatnya oleh Jaron Lanier. Hingga sekarang, pengembangan terhadap teknologi ini terus dilanjutkan dan telah mendapatkan posisi penting di setiap jenis industri kerja.

Ya, virtual reality telah banyak mengambil peran penting dalam industri kerja, terutama dalam hal peningkatan produktivitas dan juga efisiensi komunikasi bisnis. Di mana pelaku bisnis tidak perlu lagi melakukan tatap muka secara langsung untuk membicarakan rencana bisnisnya.

Yang paling kentara tentu saja adalah peran virtual reality sebagai bagian dari pengembangan teknologi metaverse milik perusahan Meta nya Mark Zuckerberg. Virtual reality atau akrab disingkat dengan VR adalah salah satu teknologi bisnis penting untuk revolusi industri 3.0 dan 4.0.

Lalu seperti apa sih cara kerja VR untuk bantu bisnis dapat berkembang lebih pesat?. Untuk yang penasaran, silahkan simak baik-baik artikel ini ya!.

Cara Kerja VR Bantu Bisnis

Untuk lebih mudah memahami cara kerja VR ini dalam membantu bisnis, mimin akan menjelaskannya dari 3 jenis industri kehidupan manusia.

3 industri kehidupan manusia tersebut adalah manufaktur, marketing atau pemasaran, dan juga untuk pendidikan. Kita mulai dari yang pertama yakni industri manufaktur.

Di dalam industri manufaktur, penerapan virtual reality dapat membantu untuk mengoptimalkan efisiensi operasional. Perusahaan dapat dengan mudah menerapkan proses desain kolaboratif dan juga peninjauan visualisasi 3D data geospasial untuk kegiatan eksplorasi dan juga produksi. Tentu saja visualisasi 3D data geospasial yang dihadirkan lebih menarik, dan mudah untuk dipahami. Tim dapat dengan mudah menyelaraskan rencana desainnya satu sama lain, demi dapatkan desain terbaik yang sesuai dengan data kebutuhan.

Kedua, dari industri marketing. Virtual reality bantu pebisnis di industri ini untuk dapat memasarkan produknya jauh lebih menarik. Target audience yang ingin disasar dapat merasakan pengalaman baru dalam melakukan komunikasi bisnis. Di mana mereka dapat merasa lebih terhubung dengan pebisnis sebagai produsen. Bahkan banyak dari pebisnis yang menggunakan virtual reality untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dalam proses produksi. Ya, kita bisa lihat hal ini dengan jelas melalui perusahaan IKEA, yang memungkinkan calon pelanggan untuk dapat merakit furniture idaman dalam dunia 3D.

Terakhir, dalam dunia pendidikan, VR yang mampu menyajikan visualisasi data 3D menarik, tentunya akan meningkatkan minat belajar dari para pelajar. Pengalaman baru yang mereka dapat dalam menerima materi pembelajaran, tentunya akan bantu mereka untuk lebih percaya diri aktif. Jika dikaitkan dengan industri kerja, tentu saja VR adalah jawaban terbaik untuk hadirkan proses pelatihan yang menarik dan adaptif. VR memudahkan kita untuk menerapkan program immersive learning.

Kesimpulan

Dari 3 penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa VR dapat bekerja membantu bisnis lebih berkembang dengan cara;

  • Menghadirkan warna baru dalam komunikasi tim.
  • Memudahkan tim untuk menampilkan visualisasi data menarik.
  • Memudahkan tim untuk ikut serta membangun desain produk bersama.
  • Meningkatkan rasa percaya diri pelaku bisnis untuk dapat terlibat lebih dalam pada proses yang ada.
  • Bantu pelaku bisnis untuk menghemat lebih banyak biaya, terutama biaya yang diperlukan saat pertemuan fisik diadakan.

Inilah penjelasan lengkap mengenai cara kerja VR untuk dapat bantu bisnis berkembang. 

Baca Juga: Daftar Blog Virtual Reality Keren untuk Bahan Bacaan VR Enthusiast

Apabila Sobat Arunews berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Virtual Reality Profesional, hubungi Arutala.id.

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual reality di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow ARUTALA. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.