Arutala dan UGM Kembali Lakukan Kolaborasi, Ciptakan Game Becak Race 2045

Arutala dan UGM Kembali Lakukan Kolaborasi, Ciptakan Game Becak Race 2045

Arutala dan UGM Kembali Lakukan Kolaborasi, Ciptakan Game Becak Race 2045

Becak Race 2045– Sejak pertama kali dikembangkan dari ide sensorama dan juga head-mounted display, ide inovasi dari VR memang lebih banyak tertuang dalam industri hiburan. Salah satunya adalah industri pengembangan game virtual.

Hal ini wajar saja mengingat VR yang mampu memberikan kita pengalaman berada di dunia simulasi layaknya berada di dunia nyata. Bahkan kita bisa melakukan apa saja di dalamnya tanpa perlu khawatir akan batasan ruang dan waktu seperti di dunia nyata.

Tentu ini adalah momen yang bagus untuk kita dapat menjadi main character di game favorit. Mendapatkan pengalaman bermain langsung di dalam game favorit mengalahkan bos terakhir.

Adrenalin yang didapatkan dari game virtual jelas 2x lebih besar ketimbang memainkan game tersebut dari console controller biasa. Inilah yang menjadi alasan produk PSVR dari perusahaan Sony begitu diminati.

Meskipun begitu, bukan berarti pengembangan VR hanya terbatas pada industri game saja ya. Kebetulan saja, peminat penerapan VR untuk game jauh lebih besar.

Bahkan didapatkan laporan Pasar Game Virtual Reality, diperkirakan pasar game VR akan tumbuh mencapai angka USD 29.24 miliar pada tahun 2028. Tingkat CAGR atau Pertumbuhan Tahunan Gabungannya diprediksi mencapai persentase 24.2%.

Ada banyak alasan mengapa industri game VR berkembang begitu pesat. Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung 2 tahun belakangan dari tahun 2020-2022, juga ikut andil “memajukan” industri ini.

Perkembangannya bahkan akan tetap diprediksi masuk ke dalam kategori positif meski sudah mengalami era pasca pandemi.

Sadar akan rahasia umum ini, Arutala, perusahaan virtual reality terbaik asal Yogyakarta bersama dengan Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada melakukan kerjasama untuk ciptakan game VR terbaru.

Tema game yang diambil untuk proyek kerjasama ini adalah game race sederhana. Proyek ini diberi nama Becak Race 2045.

Becak Race 2045

Sumber: youtube.com/@AmbarSetyawan

Game ini dikembangkan oleh Arutala bersamaan dengan Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Dari Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, diwakili oleh Unan Yusmaniar Oktiawati, S.T., M.Sc., Ph.D.

Di dalam game ini, player dapat berlomba satu sama lain menjadi yang tercepat dengan track utamanya adalah daerah Malioboro Yogyakarta.

Pemilihan track ini tentunya didasarkan pada tujuan pengembangan. Di mana player nantinya juga dapat mempelajari hal-hal unik di sekitar daerah Malioboro.

Pengembangan game ini oleh tim Arutala juga didasari atas tren pasar game VR. Diketahui bahwa salah satu tren di pasar game VR adalah game kesehatan dan kebugaran. Pengalaman VR pada jenis game ini bertujuan untuk menggabungkan hiburan dengan manfaat kesehatan, mendorong aktivitas fisik, dan pengurangan stress.

Bukan Kolaborasi yang Pertama

Kolaborasi yang dilakukan oleh Arutala dan juga Universitas Gadjah Mada ini bukanlah yang pertama kali dilakukan. Ya, Arutala perusahaan VR terbaik dan salah satu dari 3 kampus teratas di Indonesia ini telah cukup sering melakukan banyak proyek kolaborasi.

Sebut saja sebelumnya proyek GAMA Cardiac AR dengan FK-KMK UGM.

Gama Cardiac AR
Sumber: Arutala.id

Gama Cardiac AR adalah aplikasi berbasis augmented reality yang dirancang untuk memudahkan studi kardiovaskular FK-KMK UGM. Aplikasi ini menjadikan studi tersebut jauh lebih interaktif dan menarik selama proses memahami anatomi jantung.

Visualisasi anatomi jantung yang akurat dan juga dalam bentuk 3D akan mempercepat proses pemahaman mahasiswa.

Terdapat banyak model materi anatomi di dalamnya. Yakni materi tentang anterior dan posterior, internal, katup jantung, atrium kanan, atrium kiri, sirkulasi koroner, dan sistem konduksi yang semuanya disajikan dalam bentuk 3D.

Proyek Kolaborasi Arutala dan UGM
Sumber: Arutala.id

Sebelum itu, juga ada aplikasi Bathing Patient VR. Ini adalah proyek Arutala bersama FK-KMK UGM untuk memudahkan mahasiswa perawat kesehatan untuk belajar cara memandikan pasien dengan tepat. Proyek dikreasikan pada saat masa-masa genting pandemi Covid-19 lalu.

Ya, Becak Race 2045 di awal, hanyalah satu dari sekian banyak proyek kolaborasi yang telah dilakukan oleh Arutala dan UGM.

Apabila Sobat Arunews berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Virtual Reality Profesional, hubungi Arutala.id.

Baca Juga: AR Kraton Game, Cara Seru Belajar Budaya Kraton Yogyakarta

Dapatkan informasi keren tentang teknologi virtual reality di LinkedIn Sobat Arunews dengan follow ARUTALA. Untuk Instagram, Sobat Arunews bisa follow @arutalaid.